Terdampak Pembangunan Tol, Jalan Penghubung Desa Purwoasri dan Desa Tunjungtirto Rusak Parah | Berita Terbaru Hari ini

Close

Terdampak Pembangunan Tol, Jalan Penghubung Desa Purwoasri dan Desa Tunjungtirto Rusak Parah

Terdampak Pembangunan Tol, Jalan Penghubung Desa Purwoasri dan Desa Tunjungtirto Rusak Parah Jalan Dusun Gebyak, Desa Purwoasri rusak parah dikeluhkan warga

MALANG - Warga Dusun Gebyak RT02 RW05, Desa Purwoasri, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malanng, mengeluh, karena jalan yang menghubungkan Desa Purwoasri dan Desa Tunjungtirto rusak parah. Kerusakan itu diduga akibat dampak pembangunan tol Pandaan Malang. Dimana jalan dengan lebar lima meter ini kerap dilewati kendaraan sebagai jalur alternatif.


"Kalau dilewati kendaraan berat atau membawa material memang tidak. Tapi jalan ini menjadi jalur alternatif pengendara saat jalur arteri mengalami macet," kata Agus Heriyanto, salah satu warga.
Tak pelak, selain mengharap pemerintah Kabupaten Malang cepat tanggap, warga pun berharap ada perhatian dari pihak tol Pandaan Malang. Mengingat rusaknya jalan ini akibat dampak pembangunan tol tersebut.


"Dulu kalau rusak kami swadaya membetulkan. Karena jalan ini digunakan warga sendiri. Tapi setelah banyak kendaraan luar kota melintas, kami pun enggan melakukan perbaikan. Apalagi kerusakannya sangat parah," tambah Agus.


Dia mengatakan, kerusakan jalan ini tak hanya di Dusun Gebyak, tapi sepanjang hingga Jalan Desa tunjungtirto.
"Kalau diukur panjangnya lebih dari 3 kilometer. Aspal mengelupas dan berlubang," tambah pria yang kesehariannya berjualan di toko klontong ini.


Agus sendiri meminta agar jalan ini cepat diperbaiki, karena jalan ini satu-satunya akses warga jika ingin ke wilayah lain. Bukan itu saja, dengan kondisi rusak, jalan ini berpotensi terjadi kecelakaan.


Sementara itu Kepala PU Dinas Bina Marga, Kabupaten Malang, Romdhoni mengakui, jika banyak jalan rusak karena dampak pembangunan tol Pandaan-Malang. Pihaknya pun sudah mengkomunikasikan hal itu.
"Prinsip pelaksana proyek tol Pandaan-Malang setuju untuk andil melakukan perbaikan. Tapi karena saat ini pelaksana proyek masih mengejar target pengerjaan tol, maka perbaikan jalan terdampak tol itu akan dilakukan setelah proyek tol selesai," kata Romdhoni.


Apalagi, tambah Romdhoni, saat ini masih musim penghujan, sehingga jika dilakukan perbaikan maka tidak akan maksimal. Sembari menunggu, pihak Dinas PU


BERITA TERKAIT

close