Kata Polisi Ini Pelaku Pengacak-acak Masjid Daarussalam | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kata Polisi Ini Pelaku Pengacak-acak Masjid Daarussalam

  • 2019-03-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2278
Kata Polisi Ini Pelaku Pengacak-acak Masjid Daarussalam Pelaku yang acak-acak Masjid Daarussalam, Banyumas yang ditunjukkan polisi ke publik.(detikcom)

BANYUMAS -Polisi menunjukkan ke publik pelaku pengacak-acak Masjid Daarussalam, Banyumas yang telah ditangkap sebelumnya. Polisi juga merilis pelaku bernama Anal Rojikun, 31. 

"Berdasarkan hasil keterangan yang didapatkan dan keterangan saksi-saksi juga kita cocokkan semuanya. Rangkaian kejadian, runtutan kejadian yang terjadi pada malam lalu adalah peristiwa yang dilakukan oleh saudara Anal Rojikun," kata Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, Jumat (22/3). 

Bambang menyampaikan itu kepada wartawan di Masjid Daarussalam, Desa Buniayu, Kecamatan Tambak, Banyumas, Jumat (22/3).

Tak hanya itu, Rojikun juga dihadirkan di hadapan wartawan. Pria tersebut tampak mengenakan kaos abu-abu dan tangannya diborgol plastik.  Tampak hadir di sana Bupati Banyumas, Achmad Husain dan Dandim 0701 Banyumas.

Diberitakan sebelumnya, Rojikun ditangkap karena mengacak-acak masjid, membuang kitab ke dalam sumur, melempari rumah pengasuh TPA dengan batu dan menebangi pepohonan yang ditanam oleh para santri. 

Bambang mengungkapkan bahwa kondisi kejiwaan Rojikun akan diperiksa. 

"Kalau sakit jiwa, kita butuh konsultasi dengan ahlinya, kalau kami lihat walaupun bicaranya kadang ngelantur, tapi dia pada saat titik tertentu fokus. Dan menurut kami masih bisa untuk dimintai pertanggungjawabannya," jelas Bambang.

"Jadi tetap kami akan berkoordinasi dengan psikiater atau psikolog untuk mengetahui kondisi kejiwaaannya. Apabila nanti hasil dari kondisi kejiwaaannya dia mengalami hal yang memang kelainan jiwa, maka ada proses lainnya yang bisa kita lakukan," urainya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Rojikun dikenakan pasal pengrusakan 406 junto pasal 65 KUHP dengan ancaman hukuman bui di bawah 5 tahun. 
 


BERITA TERKAIT