KPK Akan Lihat Kaitannya Nama Khofifah dalam Kasus Jual Beli Jabatan | Berita Terbaru Hari ini

Close

KPK Akan Lihat Kaitannya Nama Khofifah dalam Kasus Jual Beli Jabatan

  • 2019-03-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :12963
KPK Akan Lihat Kaitannya Nama Khofifah dalam Kasus Jual Beli Jabatan Juru bicara KPK Febri Diansyah.(ist)

JAKARTA -Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan akan melihat apakah ada hubungan antara kasus jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag), Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan kyai Asep Saifuddin Halim.

"Nanti nama-nama atau informasi-informasi atau hal-hal lain itu sebenarnya bisa disampaikan langsung pada penyidik kalau memang relevan," kata Febri kepada wartawan di Gedung KPK, Jumat, (22/3).

Ungkapan Febri itu terkait pernyataan eks Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) yang membantah terlibat dalam kasus jual beli jabatan. Romi mengaku hanya meneruskan aspirasi dari kedua tokoh tersebut yang menilai, Haris Hasanuddin layak untuk mengikuti seleksi posisi Kakanwil Kemenag Jawa Timur (Jatim).

Menurut Febry, KPK tidak bisa langsung percaya begitu saja terkait apa yang disampaikan oleh setiap tersangka. Untuk itu KPK perlu menggali informasi tersebut dengan persoalan yang ada.

"Jadi relevansinya harus kita lihat, bisa saja orang-orang menyebut nama siapapun, namun tentu KPK punya tanggung jawab untuk melihat ada atau tidak relevansinya dengan pokok perkara," tambahnya.

Selain itu lanjutnya setiap tersangka juga punya hak sebenarnya untuk mengajukan diri sebagai justice collaborator (JC). Asal informasi yang disampaikan merupakan informasi yang benar yang didukung dengan bukti. Serta informasi itu diberikan tidak setengah hati.

"Karena ada sebelumnya tersangka, politisi juga, mengajukan diri sebagai JC tetapi memberikan informasinya setengah-setengah. Bahkan tidak mengakui perbuatannya. Kami pastikan kalau pengajuan JC seperti itu akan ditolak," katanya.

Sebelumnya Romi mengatakan bahwa Khofifah merekomendasikan Haris yang dinilainya memiliki kapasitas dalam pekerjaan.

"Beliau gubernur terpilih yang jelas-jelas mengatakan mas Romi percayalah dengan Haris, karena Haris ini orang yang pekerjaannya bagus," tutur Romi menirukan perkataan Khofifah.

Kemudian lanjutnya, Khofifiah juga menyatakan bahwa sangat mengenal kinerja Haris dan juga memudahkan sinergi dengan pemerintah.

"Sebagai gubernur terpilih pada waktu itu beliau mengatakan kkalau mas Haris saya sudah kenal kinerjanya, sehingga kedepan


BERITA TERKAIT