Kominfo Siap Blokir PUBG Seperti Ini Alasannya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kominfo Siap Blokir PUBG Seperti Ini Alasannya

  • 2019-03-23
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1119
Kominfo Siap Blokir PUBG Seperti Ini Alasannya Gim mobile Player Unknown’s Battlegrounds.(ist)

JAKARTA -Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan akan memblokir gim mobile Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) jika memang dinilai merusak moral pemainnya.

Pria yang karib disapa Semmy ini menyebutkan permintaan pemblokiran sejatinya harus melewati kajian. Termasuk jika Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingini hal itu.

"MUI ini lembaga independen, kalau memang dirasakan merusak, dikaji dulu dan silakan diajukan ke Kemkominfo. Jadi, kami siap menindak lanjuti permintaan pemblokirannya," kata Semmy seperti dilansir liputan6.com, Jumat (22/3).

Wacana pemblokiran gim ini sempat didengungkan MUI Jabar melalui fatwa haram. Wacana ini menyusul kasus penembakan di masjid di Selandia Baru. Usut punya usut, pelaku penembakan dilaporkan terinspirasi PUBG.

Semmy juga mengungkap sudah berkomunikasi dengan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh.

“Saya juga sudah bicara (dengan Asrorun Niam Sholeh),” tandasnya.

Kemkominfo sebetulnya sudah memiliki Peraturan Menteri Kominfo Nomor 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik.

Menurutnya, sesuai pasal 8 Permen Kominfo Nomor 11 Tahun 2016, PUBG termasuk ke dalam klasifikasi gim yang menunjukkan tindakan kekerasan dan hanya boleh dimainkan oleh pemain berusia 18 tahun ke atas. 


BERITA TERKAIT

close