Tips Latihan Yoga untuk Pemula | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tips Latihan Yoga untuk Pemula

  • 2019-03-24
  • Editor :goly
  • dibaca :1479
Tips Latihan Yoga untuk Pemula Tips Latihan Yoga untuk Pemula

KLIKAPA - Yoga sudah menjadi salah satu jenis olahraga rutin yang dipilih sebagian orang, baik dari kalangan orang dewasa maupun anak muda. Ada yang melakukannya sendiri di rumah, ada pula yang berkelompok dan melakukannya di pusat kebugaran.


Rasanya bukan hal sulit saat ini untuk mencari tempat-tempat yang menyediakan latihan yoga. Bahkan, banyak jenis yoga yang sudah populer di tengah masyarakat, di antaranya bikram yoga, asthanga, hatha, acro, dan iyengar (diperuntukan untuk ibu hamil). Kepopuleran yoga pun turut menumbuhkan banyak komunitas yoga di berbagai daerah. Manfaat yoga yang sangat baik bagi kesehatan tubuh juga semakin menarik orang untuk mendalami jenis olahraga ini.


Mengenal yoga dan manfaatnya
Faktanya, yoga merupakan jenis aktivitas fisik yang sudah ada sejak lama. Yoga diawali dari kebudayaan India kuno yang muncul sekitar 3000 SM dan dipercaya sebagai sistem kesehatan yang menyeluruh atau holistik. Tidak hanya berkaitan dengan kesehatan tubuh seseorang, yoga juga memberi efek spiritual.


Pada akhirnya, yoga dapat menimbulkan rasa damai pada seseorang yang melakukannya. Berbeda dengan jenis olahraga lainnya, yoga terdiri dari kombinasi latihan pernapasan, beberapa gerakan dan postur, serta meditasi.
Yoga juga memiliki pola latihan yang fokus pada kekuatan otot dan fleksibilitas atau kelenturan dibandingkan latihan aerobik. Dengan demikian, aspek penting dari yoga bukan latihan ketahanan jantung dan paru.


Tapi jangan salah. Yoga juga tetap memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan paru. Selain itu, olahraga yang tengah naik daun juga bermanfaat bagi kesehatan mental.


Pada beberapa penelitian menyatakan bahwa melakukan yoga dapat membantu dalam mengatasi serangkaian masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, radang sendi (osteoarthritis), asma, peningkatan kadar gula, hingga mengatur berat badan dan menguatkan keseimbangan tubuh.
Di samping itu, yoga juga dapat menurunkan risiko depresi dan kecemasan, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, serta


BERITA TERKAIT