Tips Latihan Yoga untuk Pemula | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tips Latihan Yoga untuk Pemula

  • 24-03-2019
  • Editor :goly
  • dibaca :3626
Tips Latihan Yoga untuk Pemula Tips Latihan Yoga untuk Pemula

meningkatkan persepsi yang baik dalam diri seseorang.


Tips bagi Anda yang baru akan memulai latihan yoga
Dengan begitu banyak manfaat kesehatan yang diperoleh, alangkah baiknya bila Anda mencoba untuk melakukan latihan yoga. Berikut adalah beberapa tips latihan yoga untuk para pemula.


    Cari informasi yang memadai
Sebelum mencoba latihan, Anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada orang yang sudah lebih dulu melakukan yoga, misalnya saudara, teman, atau mungkin instruktur yoga.
Anda bisa menanyakan hal seperti pola latihan dan memilih tempat latihan yang sesuai.Di samping itu, mungkin Anda juga bisa mengajak teman atau kerabat untuk berlatih bersama, sehingga bisa saling memotivasi.
Pada kondisi kesehatan tertentu, misalnya sedang hamil, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mulai berlatih yoga.


    Coba berbagai jenis yoga
Dengan begitu banyak jenis yoga, tidak ada salahnya Anda mencoba satu persatu. Mencoba secara langsung membuat Anda dapat langsung merasakan sensasi latihan yoga dan manfaatnya bagi tubuh.
Anda bisa melakukannya secara bertahap, sampai menemukan yang paling cocok bagi target kesehatan. Mengingat Anda adalah pemula, jangan langsung melakukan gerakan-gerakan yoga yang ekstrem, ya.
Misalnya saja jika Anda menyukai gerakan yang dinamis, bisa mencoba acro yoga atau budokon yoga. Sedangkan, Anda bisa memilih iyengar yoga jika suka menggunakan peralatan tambahan dalam latihan, sehingga dapat menyempurnakan gerakan.


    Sesuaikan waktu latihan
Durasi waktu latihan yoga dapat bervariasi pada setiap individu, tergantung tujuan dan kemampuan tubuh masing-masing. Namun, sebaiknya yoga dilakukan paling tidak 1 jam setiap sesinya, sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Sesuaikan durasi waktu latihan dengan kemampuan Anda secara bertahap. Jika sudah merasa lelah atau sakit, jangan memaksakan diri. Jangan samakan kemampuan Anda dengan orang lain.


    Siapkan peralatan sebelum latihan
Matras yoga adalah peralatan dasar yang biasanya digunakan untuk latihan yoga. Oleh karena itu, pastikan Anda berlatih yoga di atas matras. Gunakan matras dengan ukuran yang sesuai dan berbahan tidak licin.
Pemilihan bahan matras ini berguna untuk menurunkan risiko cedera saat latihan. Selain itu, gunakan pakaian yang tidak membatasi ruang gerak saat latihan. Terakhir, pastikan pula pakaian Anda menyerap keringat dengan baik.


    Berlatih dengan instruktur yoga
Bila perlu, Anda bisa berlatih bersama instruktur yoga. Hal ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di pusat kebugaran atau tempat yang menyediakan kegiatan latihan yoga. Pastikan Anda memilih instruktur yoga yang bersertifikat resmi.
Dengan begitu, sejak awal Anda bisa memperoleh bentuk latihan yang lebih terarah dan terstruktur, sesuai dengan kemampuan tubuh Anda.


Demikian beberapa tips latihan yoga untuk pemula. Tidak perlu ragu, cobalah yoga sebagai salah satu pilihan olahraga Anda. Tertarik untuk melakukannya? Jangan lupa perhatikan tips di atas, ya! Pelajari secara seksama dan tidak perlu terburu-buru. Nikmati prosesnya dan rasakan manfaatnya pada tubuh. (KlikDokter)


BERITA TERKAIT