PT LIB Pastikan Tidak Ada Perubahan Regulasi di Musim 2019 | Berita Terbaru Hari ini

Close

PT LIB Pastikan Tidak Ada Perubahan Regulasi di Musim 2019

  • 2019-04-12
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1223
PT LIB Pastikan Tidak Ada Perubahan Regulasi di Musim 2019 Gusti Randa (kanan) Jadi Komisaris Sementara PT Liga Indonesia Baru bersama Dirk Soplanit.(dok.viva)

JAKARTA -Operator Liga sepakbola Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan tidak ada perubahan regulasi untuk Liga 1 2019. Kepastian itu disampaikan direktur sementara operator kompetisi ini Dirk Soplanit, di Jakarta, Jumat (12/4).

Itu artinya regulasi yang dipakai sebelumnya akan tetap berlaku. Satu di antara regulasi yang sama seperti musim lalu yakni setiap klub hanya bisa menggunakan empat pemain asing. Yang mana satu di antaranya harus berasal dari benua Asia.

"Ya, masih sama [pemain asing] 3+1. Pemain U-23 juga sama. Tujuh pemain harus ada, tetapi tak wajib dimainkan," kata Dirk.

Pendaftaran pemain sudah dibuka sejak beberapa hari lalu dan ditutup pada 8 Mei mendatang. Setiap klub bisa mendaftarkan minimal 18 dan maksimal 30 orang pemainnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Ratu Tisha, mengatakan FIFA meminta PSSI melakukan perbaikan regulasi. Hal ini disampaikan setela mereka menggelar pertemuan di kantor PSSI, Kamis (11/4).

Pertemuan ini untuk mencari tahu perkembangan program FIFA Forward yang dilakukan PSSI. Sebelumnya, delegasi FIFA juga sudah sempat bertemu dengan induk sepakbola nasional ketika festival Filanesia dilangsungkan dua pekan lalu di Sawangan.

Adapun delegasi FIFA yang datang yakni Luca Nicola dan Rolf Tannar. Sementara AFC diwakili Purushottam Kattel. Sedangkan PSSI, selain Tisha, juga hadir wakil ketua Komite Ad Hoc Integritas, Azwan Karim.

"Jadi di kongres 2019 kemarin salah satu agenda utama yang kita sahkan adalah perbaikan amandemen statuta PSSI tahun 2018, kita harus konsultasi kepada FIFA karena mereka memiliki edisi terbaru juga untuk bisa di update yang paling terbarunya seperti apa," kata Tisha.

"Kemudian beberapa regulasi PSSI harus diperbaiki utamanya mengenai regulasi pelatih, pemain, wasit, dan juga regulasi mengenai keanggotaan karena kita memiliki anggota yang terafiliasi yang sekarang tercantum di statuta," tambahnya.

Selain itu FIFA juga menanyakan rencana kongket yang bakal dilakukan PSSI. Federasi sepakbola tertinggi dunia tersebut pun mempersilakan


BERITA TERKAIT