Gejala Tipes dan Komplikasinya Jika Tidak Segera Diobati | Berita Terbaru Hari ini

Close

Gejala Tipes dan Komplikasinya Jika Tidak Segera Diobati

  • 2019-04-23
  • Editor :goly
  • dibaca :2778
Gejala Tipes dan Komplikasinya Jika Tidak Segera Diobati Ilustrasi

KLIKAPA - Penyakit tifus atau disebut medis sebagai demam tifoid, merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya infeksi bakteri Salmonella typhi.

Penyakit yang berkaitan dengan faktor kebersihan lingkungan dan sanitasi itu paling sering menyerang kelompok usia 5-30 tahun. Meski sering terjadi, penyakit tersebut tergolong sulit dideteksi secara dini. Ini karena gejala tipes atau tifus terjadi secara bertahap.


Berdasarkan penjelasan dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, gejala tifus timbul secara bertahap dalam waktu 8-14 hari setelah terinfeksi oleh Salmonella typhi. Gejalanya bisa berupa:


    Demam
    Sakit kepala
    Nyeri sendi
    Sakit tenggorokan
    Sembelit
    Penurunan nafsu makan
    Nyeri perut


“Selain itu, penderita juga bisa merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung,” tambah dr. Alvin.


Adanya gejala-gejala tersebut membuat orang yang mengalaminya perlu segera berobat ke dokter. Hal ini bertujuan agar dokter bisa meresepkan antibiotik dan segala jenis obat penunjang yang harus dikonsumsi sesuai dengan anjuran dan dosis yang diberikan. Selain itu, dokter juga biasanya akan menyarankan penderita untuk melakukan tirah baring dan menarik diri dari rutinitas sehari-hari.


Lebih lanjut, menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, penderita tipes juga perlu melakukan pola makan yang tepat selama masa penyembuhan. Pola makan yang dimaksud adalah sebagai berikut:


    Menghindari makanan berserat tinggi, susu, produk susu, dan daging berserat kasar. Juga, makanan berlemak, terlalu manis atau asam, dan berbumbu tajam.
    Konsumsi makanan yang bersifat lunak sangat dianjurkan. Pastikan makanan tersebut dihindangkan pada suhu yang tidak terlalu panas atau dingin agar tidak merangsang pencernaan
    Makan lebih sering dalam porsi yang lebih kecil


“Penderita tipes biasanya baru akan merasa pulih setelah 2-4 minggu setelah sembuh dari penyakit tersebut. Oleh karena itu, hindari melakukan aktivitas berat terlebih dahulu hingga


BERITA TERKAIT