Polres Batu Memperketat Keamanan Kotak suara | Berita Terbaru Hari ini

Close

Polres Batu Memperketat Keamanan Kotak suara

Polres Batu Memperketat Keamanan Kotak suara Personel Polres Batu melakukan pengamanan di Kecamatan Batu selama proses rekapitulasi tingkat kecamatan.

BATU - Polda Jatim siap mengantisipasi segala kemungkinan riak dalam Pemilu 2019. Beberapa riak tersebut diantaranya adanya opini yang dibentuk untuk mendelegitimasi peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemilu 2019.


Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera S.I.K, dalam analisa dan evaluasi (Anev) Operasi Mantap Praja 2018 dan Mantap Brata 2018 Polda Jatim di Golden Tulip Holland Resort, Minggu (28/4). Dalam Anev tersebut diikuti 39 Kapolres se Jatim.
"Anev yang digelar merupakan hasil dari Pilkada 2018 untuk antisiapsi riak Pemilu 2019. Salah satu riak yang terjadi saat ini adalah adanya opini di media sosial yang dibentuk untuk mendelegitimasi peran KPU dalam proses Pemilu 2019," ujar Kombes Pol Frans Barung Mangera S.I.K kepada wartawan, Minggu (28/4) .


Ia menjelaskan lebih lanjut, tahapan proses Pemilu saat ini telah memasuki pengumpulan kotak suara dan Pleno di KPUD. Dalam pelaksanaan pengamanan, seluruh Polda Jatim mengerahkan 24.327 personel dari 39 Polres dan 25.000 personel dari Polda Jatim. Pengamanan paling banyak dari anggota Linmas 158.080 personel dan dari TNI 13.513 personel.
"Intinya untuk pengamanan di segala sektor kami sudah siap. Baik Pemilu hingga persiapan penanganan hari buruh 1 Mei, cipkon menjelang ramadan dan persiapan operasi ketupat 2019," tegasnya.


Sementara itu, untuk pengamanan di wilayah Kota Batu, diungkapkan Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto S.I.K M.Si.
"Kalau untuk pengaman Pemilu sendiri di wilayah Kota Batu sejauh ini tidak ada kerawanan di seluruh TPS. Begitu juga dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan. Pasalnya selama Pemilu Polres Batu telah memperketat keamanan dibantu dengan personel Brimob Ampeldento lengkap dengan persenjataan dan Pernsonel TNI," urainya.


Dalam pelaksanaan, Buher sapaan Kapolres, menugaskan anggotanya untuk mengamankan selama 24 jam penuh. Tujuannya agar tak ada oknum yang mencoba merusak, merampas atau menukar


BERITA TERKAIT