Harga Bahan Pokok Merangkak Naik Menjelang Ramadan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Harga Bahan Pokok Merangkak Naik Menjelang Ramadan

  • 2019-05-01
  • Editor :goly
  • dibaca :678
Harga Bahan Pokok Merangkak Naik Menjelang Ramadan ilustrasi

BATU - Sejumlah kebutuhan bahan pokok mengalami kenaikan harga di Pasar Tradisional Kota Batu, menjelang puasa Ramadan 1440 Hijriyah. Kenaikan harga terjadi pada bahan pokok, seperti bawang merah, daging ayam, telor hingga sayuran.


Seperti diungkapkan Misti, pedagang Pasar Tradisonal Kota Batu, bahwa saat ini untuk bawang putih melonjak hingga Rp 40 ribu per Kg dari harga normal Rp 15 ribu. Kemudian disusul bawang merah dari harga Rp 12 ribu per Kg menjadi Rp 32 ribu.
"Memang terjadi kenaikan harga bahan pokok menjelang bulan Ramadan. Kenaikan harga itu terjadi sudah tiga hari ini," ujar Misti, Rabu (1/5).


Selain bawang, kenaikan juga terjadi pada daging ayam dari harga Rp 30 ribu per Kg menjadi Rp 35 ribu. Begitu juga dengan sayur mayor, meski kenaikan harga tidak terlalu tinggi.
"Selain daging. Sayur juga ikut naik. Seperti terong yang awalnya Rp 3 ribu menjadi Rp 6 ribu per Kg dan kentang naik Rp 4 ribu menjadi Rp 10 ribu per Kg," imbuhnya.


Begitu juga dengan pedagang Pasar Batu lainnya, Sarofah mengatakan, kenaikan harga bahan pokok itu karena meningkatkannya permintaan pasar jelang Ramadan. Sehingga bahan pokok harus dibagi-bagi ke pedagang. Berbeda dengan sayuran yang mengalami kenaikan harga, karena cuaca ektrim beberapa hari ini.


"Merangkaknya harga bahan pokok ini kami perkirakan akan terjadi hingga Lebaran. Mengingat permintaan yang meningkat tak diimbangi dengan pasokan barang," pungkasnya. (eri/udi)


BERITA TERKAIT