Marquez Balas Tuntas, Raih Podium Utama di Jerez | Berita Terbaru Hari ini

Close

Marquez Balas Tuntas, Raih Podium Utama di Jerez

  • 2019-05-05
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2010
Marquez Balas Tuntas, Raih Podium Utama di Jerez Balap MotoGP, Jerez, Spanyol hasilkan Marc Marquez podium pertama, Alex Rins Kedua dan Maverick Vinales ke tiga.(dok.reuters)

JEREZ -Juara dunia Marc Marquez balas tuntas kekalahan saat meraih pole dari dua pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Baby Alien giliran pencundari mereka dan raih podium pertama di MotoGP, Jerez, Spanyol, Minggu (5/5).
Dominasi Maarquez bahkan terlihat sejak start. Dari posisi ketiga, ia melesat kencang dan menduduki urutan pertama selepas Tikungan 1. Franco Morbidelli kedua, Quartararo ketiga, sedangkan Valentino Rossi menembus 10 besar, dengan Maverick Vinales keempat.

Lap demi lap berlalu, Morbidelli berupaya keras menekan Marquez. Namun pembalap Repsol Honda ini justru kian melesat  menjauhi rivalnya. 

Sebaliknya, pada pertengahan balapan, tepatnya Lap 14, Quartararo justru keteteran dengan masalah teknis. Gearboxnya bermasalah sehingga ia tidak dapat meneruskan lomba.

Situasi ini dimanfaatkan baik oleh Alex Rins. Usai menaklukkan duo Ducati, ia melewati Vinales dan Morbidelli. Pembalap Suzuki itupun naik ke posisi kedua. Saat bersamaan, Rossi berada di posisi kesembilan.

Marquez pun mengakhirnya finis lebih dulu. Walau performa kuat ditampilkan Rins, namun ia tak dapat menghentikan laju kencang The Baby Alien. Kemenangan di Jerez sekaligus meneruskan rekor apik Marquez yang tidak pernah finis di luar tiga besar sejak debut MotoGP 2013.

Mengamankan podium kedua, Rins merebut peringkat kedua klasemen sementara. Dan raihan finis ketiga Maverick Vinales adalah podium pertama Top Gun sejak kali terakhir menapakinya di Phillip Island 2018.

Andrea Dovizioso finis keempat, diikuti Danilo Petrucci pada posisi kelima. Rossi berhasil meraih hasil urutan keenam, mengungguli anak didiknya, Morbidelli, yang berada di tempat ketujuh.

Finis kedelapan dicetak Cal Crutchlow, dengan rekan setim Takaaki Nakagami menghuni posisi kesembilan. Kemudian wild card Stefan Bradl melengkapi 10 besar.

Jorge Lorenzo meraih hasil buruk, yakni finis ke-12. Itupun berkat sejumlah pembalap yang terjatuh di depannya, seperti rookie Joan Mir dan pembalap Pramac Racing, Jack Miller. Francesco Bagnaia juga tersungkur. Ia terjatuh


BERITA TERKAIT