Badan Melar Usai Lebaran, Jangan Khawatir Begini Cara Mengatasinya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Badan Melar Usai Lebaran, Jangan Khawatir Begini Cara Mengatasinya

  • 2019-06-08
  • Editor :junaedi
  • dibaca :888
Badan Melar Usai Lebaran, Jangan Khawatir Begini Cara Mengatasinya saatnya kembalikan badan usai lebaran.(dok.Himedikcom)

Klikapa -Usai lebaran, pastinya akan banyak di antara kita yang merasa bobot badannya menjadi berlebih. Maklum saja, karena pada massa lebaran konsumsi makanan akan didominasi makanan berlemak, bersantan dan minuman manis.

Tenang saja, kondisi itu bisa kok diatasi. Menurut dr. Theresia Rina Yunita  seperti dilansir klikdokter, Anda tetap bisa menurunkan berat badan setelah Lebaran dengan mudah asalkan banyak makan serat! 

Seperti ini penjelasannya.

Serat adalah salah satu gizi yang sangat efektif dalam membantu menurunkan berat badan. Itu karena serat merupakan jenis karbohidrat yang tidak dicerna oleh tubuh, sehingga lambung akan terasa penuh dalam waktu lama.

Mengonsumsi makanan dan minuman alami yang mengandung banyak serat pada akhirnya akan membuat nafsu makan Anda menurun. Sehingga, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh akan berkurang secara signifikan.

Tak cuma itu, serat dapat pula merangsang pergerakan usus dan memicu bakteri baik untuk bekerja lebih efektif. Alhasil, buang air besar (BAB) menjadi jauh lebih lancar.

“Meski baik dan dapat membantu menurunkan berat badan, Anda tetap harus membatasi jumlah serat yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan serat harian yang dianjurkan adalah sekitar 30 gram per hari,” jelas dr. Theresia.

Asupan serat yang bikin langsing
Serat bisa Anda temukan pada beragam jenis makanan. Namun, yang menjadi pilihan paling praktis dan mudah didapatkan adalah buah-buahan. Faktanya, beberapa buah berikut ini sangat baik untuk menunjang asupan serat harian Anda.

Apel
Dalam 220 gram atau satu buah apel berukuran besar, mengandung 116 kalori dan 5,4 gram serat. Jadi, dengan mengonsumsi satu apel berukuran besar, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga asupan kalori bisa berkurang. Ujungnya? Tentu saja penurunan berat badan!

Buah beri
Setengah cangkir bluberi seberat 75 gram hanya mengandung 42 kalori dan dapat memenuhi hampir 12% kebutuhan vitamin C harian. Adapun satu cangkir stroberi mengandung sekitar 48


BERITA TERKAIT