PSSI dan PT LIB Urung Gunakan VAR Musim Ini. Seperti Ini Alasannya | Berita Terbaru Hari ini

Close

PSSI dan PT LIB Urung Gunakan VAR Musim Ini. Seperti Ini Alasannya

  • 2019-06-17
  • Editor :junaedi
  • dibaca :549
PSSI dan PT LIB Urung Gunakan VAR Musim Ini. Seperti Ini Alasannya Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria pastikan menggunaan VAR pada Liga 1 musim ini urung.(ist)

JAKARTA -Otoritas sepak bola tanah air, PSSI urung menggunakan Video Assistant Referee (VAR) yang akan dipakai di gelaran Liga 1 tahun ini. Penegasan itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, Senin (17/5).

VAAR menurut Ratu Tisha  batal dipakai pada kompetisi Liga 1 2019. Itu lantaran sejumlah penyebab menjadi alasannya pembatalan penggunaan VAR pada musim ini.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sebagai operator Liga 1 2019 harus memenuhi 18 kriteria aturan permainan sepak bola atau IFAB. Saat ini, PSSI masih terkendala dengan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menerapkan VAR.

"Ada 18 kriteria yang harus dipenuhi di dalam buku IFAB itu dari mulai training dan lain sebagainya. Persiapan itu satu sampai satu setengah tahun, dengan posisi memiliki jumlah wasit FIFA yang minimal. Kira-kira kami butuh dua tahun untuk pengembangan SDM," ujar Tisha kepada media di Jakarta.

"Tapi, SDM yang kami punya ini, publik harus ingat, kami pernah berhenti selama tujuh bulan lamanya. Konflik internal dan lain sebagainya membuat kami berhenti sementara, yang lain jalan terus. Jadi kami harus mengejar ketertinggalan ini, itu saja," katanya menjelaskan.


BERITA TERKAIT