PPDB SMA Diperpanjang Pagu Zonasi Ditambah Tapi Bikin Siswa Gelisah | Berita Terbaru Hari ini

Close

PPDB SMA Diperpanjang Pagu Zonasi Ditambah Tapi Bikin Siswa Gelisah

  • 2019-06-21
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2666
PPDB SMA Diperpanjang Pagu Zonasi Ditambah Tapi Bikin Siswa Gelisah Siswa mengisi data panitia PPDB SMAN 9 Malang, perpanjangan pendaftaran dan penambahan pagu membuat sejumlah calon peserta khawatir terdepak.(ipunk)

MALANG -Laman resmi pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA kembali bisa diakses sejak pukul 24.00, Rabu (20/6). Pendaftaran PPDB SMA juga diperpanjang. 

Bahkan pagu untuk PPDB jalur zonasi secara online juga ditambah. Pada laman PPDB itu yang kembali aktif tidak mengubah regulasi yang sudah ditentukan sebelumnya. 

Baca Juga : Banyak Diprotes Kemenddikbud segera Revisi Sistem Zona PPDB

Pada Rabu pukul 18.00, laman resmi pendaftaran PPDB tingkat SMA/SMK mencantumkan pengumuman. Bahwa proses pendaftaran diperpanjang hingga Jumat (21/6) sampai dengan pukul 23.59 WIB. 

Padahal sesuai ketentuan sebelumnya, pendaftaran PPDB jalur zonasi akan berakhir pada Kamis (20/6) dan akan diumumkan langsung pada pukul 01.00 WIB.

"Pendaftaran terakhir jalur zonasi/reguler pada hari Jumat tanggal 21 Juni 2019 pukul 23.59," pengumuman di laman resmi PPDB.

Baca Juga : Para Penolak PPDB Sistem Zonasi, Baca Ini

Pada pengumuman terbaru itu,  hasil seleksinyanya akan diumumkan Sabtu (22/6) pukul 09.00 WIB di laman resmi pendaftaran PPDB. Pada pengumuman itu juga disebutkan proses daftar ulang bagi peserta yang diterima adalah pada 24-25 Juni pada jam kerja di sekolah penerima.

Tapi perpanjangan masa pendaftaran PPDB tersebut, justru membuat siswa gelisah. Mereka takut peringkatnya semakin tergeser. Salah satunya adalah Melviana Ade Ivanda yang mendaftar pada jurusan Usaha Perjalanan Wisata di SMKN 1 yang pagunya tertulis 62 siswa.

"Gimana ini pendaftaran diperpanjang lagi, peringkat saya sudah 59. Sebelumnya dari peringkat 32 terus merosot," kata Melvi seperti dikutip Malang Post.

"Iya diperpanjang, tapi saya belum dapat penjelasan dari Plt (Kadindik Provinsi Jatim). Tapi mungkin memberi kesempatan pada siswa yang belum mendaftar," kata Kacabdin Provinsi Jatim Kota Malang dan Batu Ema Sumiarti.

Menurut Ema sapaan akrabnya,  penambahan pagu PPDB sepenuhnya merupakan wewenang dari Dinas Pendidikan  Provinsi.

"Itu langsung dari sistem, murni analisis dari Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Kemungkinan dari analisa kapasitas sekolah yang diajukan sebelumnya,"


BERITA TERKAIT