34 KK Warga Terdampak Jalan Tol Ngotot Kasasi dengan Harapan Penggantian Rp 25 Juta/meter2 | Berita Terbaru Hari ini

Close

34 KK Warga Terdampak Jalan Tol Ngotot Kasasi dengan Harapan Penggantian Rp 25 Juta/meter2

34 KK Warga Terdampak Jalan Tol Ngotot Kasasi dengan Harapan Penggantian Rp 25 Juta/meter2 Warga Madyopuro Kota Malang yang masih enggan menerima konsinyasi penggantian lahan akibat jalan tol Malang - Pandaan seksi lima.(guest)

Klikapa.com -Warga Madyopuro Kota Malang terus melakukan upaya hukum dan melakukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA) atas ketidak sepakatannya ikhwal penggantian tanah untuk jalan tol Malang - Pandaan. Memori kasasi itu telah dilayangkan Selasa (25/6) hari ini.

Permohonan kasasi itu dilakukan oleh 34 Kepala Keluarga (KK) melakui kuasa hukumnya Sumardhan. Dalam memori itu mereka juga menyampaikan tuntutan atas penggantian sesuai harga yang mereka inginkan. Yakni Rp 25 juta per meter.

Andai saja tuntuan itu bisa dikabulkan, maka dari 34 warga itu terkecil akan mendapat penggantian sekitar Rp 175 juta untuk tanah seluar 7 m2. Sedagkan terbesar bisa mendapatkan kisaran Rp 6 miliar.

BACA JUGA: Jasamarga: Pengadaan Tanah Tol Malang Tinggal Eksekusi Pengadilan. Warga Ngotot ke MA

Angka terbesar itu setidaknya didapat warga bernama Miskak lantaran memiliki dua bidang lahan seluas 166 meter persegi dan 81 meter persegi. Kedua bidang lahan ini berada di pinggir jalan yakni kelas 1. Jika dikalikan dengan nilai tuntutan warga yakni Rp 25 juta per meter persegi, jadilah Rp 6 miliar. 

Meski begitu warga terdampak Tol Pandaan – Malang itu juga harus bersiap-siap dengan hasil yang lain. 

BACA JUGA: 34 KK Madyopuro Tolak Pindah, Jalan Tol Malang-Pandaan Tersendat

Pasalnya nilai konsinyasi sudah turun dari Pengadilan Negeri (PN) Malang, harga tiap bidang sudah ditentukan dan tinggal menunggu eksekusi lahan. Contohnya Miskak, jika tuntutannya tidak dipenuhi MA. Ia akan harga konsinyasi untuk dua bidang tanahnya, yakni Rp 2.036.707.165 dan Rp 1.268.941.830.

Menurut Surat Kemenpupr No 275/KPTS/M/2018 tertanggal 10 April 2018 Kepada Pengadilan Negeri (PN) Malang terdapat 50 bidang lahan yang dikonsinyasi. Nilai total lahan hasil konsinyasi yang dititipkan ke PN Malang Rp 28.183.558.591.

Humas PN Malang Juwanto yang dikonfirmasi menyebutkan pihaknya tinggal menunggu surat resmi perintah eksekusi dari MA untuk tindak lanjutnya. 

“Kami sudah menerima surat keputusan konsinyasi.


BERITA TERKAIT