Polri Akan Kaji Penemuan AII Sepanjang Datanya Bisa Dipertanggungjawabkan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Polri Akan Kaji Penemuan AII Sepanjang Datanya Bisa Dipertanggungjawabkan

  • 2019-06-26
  • Editor :junaedi
  • dibaca :752
Polri Akan Kaji Penemuan AII Sepanjang Datanya Bisa Dipertanggungjawabkan sejumlah mobil dibakar massa akibat kerusuhan 22 Mei 2019 di depan Asrama Brimob.(ist)

Klikapa.com -Polri tanggapi hasil invesitigasi Amnesty Internasional yang menemukan sejumlah anggota Brimob melakukan penyiksaan saat menangkap lima orang di Kampung Bali dan sekitarnya di Jakarta, Kamis (23/6) lalu. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan pihaknya bakal mempelajari hasil investigasi tersebut selama datanya bisa dipertanggungjawabkan.

"Tim investigasi ini kan terbuka, sepanjang data itu masih bisa dipertanggungjawabkan hasilnya diserahkan, nanti kan dipelajari," kata Dedi kepada wartawan di Mabes Polri, Rabu (26/6).


Apalagi dikatakan Dedi, tim yang terdiri dari tim Bareskrim, Divisi Propam, Labfor, Inafis, dan sebagainya juga bekerja dengan pihak lainnya.

"Bersinergi juga dengan Ombudsman Republik Indonesia, Komnas HAM, Kompolnas," ujarnya.

Sebelumnya, hasil investigasi Amnesty Internasional Indonesia (AII) mengungkapkan hasil investigasinya terhadap kasus kerusuhan 21-23 Mei di Jakarta menemukan sejumlah anggota Brimob Polri melakukan penyiksaan saat menangkap lima orang di Kampung Bali dan sekitarnya di Jakarta, Kamis (23/6). 

Peneliti Amnesty Internasional Indonesia (AII) Papang Hidayat menuturkan penyiksaan oleh sejumlah anggota Brimob diduga terjadi di lahan Smart Service Parking di Kampung Bali, Jakarta, Kamis (23/6), sekitar pukul 05.30.

Kejadian bermula ketika sejumlah personel Brimob memaksa masuk ke dalam lahan parkir untuk menyisir orang-orang yang terlibat bentrok dengan aparat di sekitar kawasan Kampung Bali, Jakarta. 

Setelah berhasil masuk, Papang berkata Brimob langsung menangkap lima orang yang kebetulan tengah tidur di sebuah rumah yang ada di lahan parkir tersebut. 

Ia berkata sejumlah saksi yang diwawancarai AII menyebut ada banyak orang melakukan pelemparan batu dari dalam lahan parkir tersebut. Sejumlah saksi juga menyampaikan personel Brimob menangkap orang-orang yang keluar dari kediamannya saat penyisiran dilakukan.


BERITA TERKAIT