Tempat Penggilingan Gula Merah Gondanglegi Terbakar Habis | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tempat Penggilingan Gula Merah Gondanglegi Terbakar Habis

  • 2019-06-30 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1002
Tempat Penggilingan Gula Merah Gondanglegi Terbakar Habis Tempat usaha pembuatan gula merah dan kandang burung puyuh di Gondanglengi, Kabupaten Malang ludes terbakar.(ist)

MALANG - Tempat penggilingan gula merah di Dusun Wates Desa Gondanglegi Wetan, Gondanglegi, Kabupaten Malang terbakar Sabtu (29/6). Tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Tempat usaha pembuatan gulan merah itu milik Didik Prasetya, 37, warga desa setempat. Dugaan sementara api berasal dari tungku.

Lantaran tempat usaha itu juga menjadi satu dengan kandang burung puyuh, lebih dari 10 ribu ekor burung puyuh milik korban ikut bangus.


"Penyebab kebakaran sementara diduga dari tungku. Namun untuk kepastiannya kami masih melakukan penyelidikan," ujar Kapolsek Gondanglegi, Kompol Mas Akhmad Sujalmo, Minggu (30/6).

Peristiwa itu diketahui sekitar pukul 14.00. Ketika kejadian kondisi tempat penggilingan sedang sepi. Semua pegawai sudah pulang. 

Kobaran api diketahui kali pertama oleh Didik. Saat itu, korban melihat ada kepulan asap di lokasi penggilingan. Curiga ia memeriksanya.

Saat itulah, ia melihat api sudah membakar tempat usahanya yang berukuran 30 x 30 meter. Kandang burung puyuh yang lokasinya berdekatan juga ikut terbakar. 

Didik segera minta tolong warga sekitar. Warga yang berdatangan segera berusaha memadamkan api. Namun lantaran api sudah memebesar, mereka menghubungi petugas Polsek Gondanglegi dan PMK Kabupaten Malang.

Empat unit armada PMK dikerahkan ke lokasi. Tiga unit milik PMK Kabupaten Malang dan satu unit milik PT Pindad. Setelah berjuang beberapa jam memadamkan api, akhirnya api padam sekitar pukul 22.00. Namun tempat penggilingan dan kandang burung puyuh sudah ludes.(agp/lim) 


BERITA TERKAIT