Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan dan Masyarakat Sekitar Tak Terpegauh | Berita Terbaru Hari ini

Close

Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan dan Masyarakat Sekitar Tak Terpegauh

  • 2019-07-20
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1681
Gunung Bromo Erupsi, Wisatawan dan Masyarakat Sekitar Tak Terpegauh Kawasan Kaldera atau lauan pasir Bromo masih menjadi daya tarik wisatawan.(ist)

Gunung Bromo tetap menarik kunjungan wisatawan walau mengalami erupsi. Hingga Sabtu (20/7) malam ini, wisatawan yang akan mendatangi tempat wisata yang menawarkan sensasi kawah dan hawa dinginnya itu tetap tak terpengaruh kondisi gunung.   

Sejumlah travel yang menyediakan jasa perjalanan ke Bromo masih tetap ramai dan tidak mengalami penurunan hingga saat ini.

BW Travel, salah satu contohnya. Owner BW Travel, Robet mengatakan, tidak ada pengaruh erupsi terhadap wisatawan. Mereka tetap mengantarkan wisatawan ke Bromo. 

"Kami juga diarahkan oleh pihak jeepnya bahwa kemarin itu ada upacara sehingga di tengah kawah terjadi hujan dan eropsi," ujar Robet.

Ia menyebut, Gunung Bromo memang masih aman untuk wisatawan hanya saja tidak diperkenankan naik ke kawah. BW Travel memberangkatkan wisatawan pada Jumat (19/7) malam sebanyak tujuh orang.
 
Meski informasi erupsi santer terdengar, BW Travel juga tetap melayani wisatawan ke Bromo, Sabtu (20/7) malam. Jumlahnya lima orang dari Jakarta. 

"Rutenya tidak ada perubahan, saya selalu melewati rute Nongkojajar, paling cuma memberitahu ke wisatawan bahwa tidak bisa naik ke kawah. Kebanyakan tamu saya memang jarang ke kawah, biasanya mereka hanya melihat-lihat dari area pasir berbisik," jelasnya. 

Sementara itu, driver dari Jeep Wisata Malang Raya (JWMR), Mohammad Anas Samudra, warga Blimbing, baru saja mengantarkan tamu ke Gunung Bromo pada Sabtu (20/7) dini hari dan kembali ke Kota Malang kemarin siang.
 
Andra, sapaan akrabnya memaparkan pengamatan matanya saat mengantarkan wisatawan ke Gunung Bromo. Saat mencapai kawasan gunung tersebut, ia  melihat kondisi puncak kawah sudah tak berasap seperti sebelumnya. Langit di atas Bromo juga cerah dan tidak terlihat adanya abu.

“Wisatawan dilarang ke area satu kilometer sekitar puncak kawah. Jadi, titik terakhir wisatawan bisa mendekati gunung di sekitar pura,” ujarnya. 

Andra membawa pengunjung dari Malang Sabtu (20/7) dini hari pukul 00.00 WIB, dan tiba di Bromo


BERITA TERKAIT