Djarum Hentikan Program Beasiswa Atlet Belia Bulutangkis, KPAI Bilang Audisi Tidak Dilarang | Berita Terbaru Hari ini

Close

Djarum Hentikan Program Beasiswa Atlet Belia Bulutangkis, KPAI Bilang Audisi Tidak Dilarang

  • 2019-09-09
  • Editor :junaedi
  • dibaca :585
Djarum Hentikan Program Beasiswa Atlet Belia Bulutangkis, KPAI Bilang Audisi Tidak Dilarang Suasana audisi PB Djarum menjaring atlet pebulutangkis belia setiap tahunnya.(ist)

Klikapa.com -Penghentian program audisi umum beasiswa bulutangkis oleh PB Djarum direspon Komisi Perlindungan Anak Indonesia ( KPAI). Komisioner KPAI Sitti Hikmawaty mengatakan sebenarnya institusinya tidak melarang program Djarum Faoundation membuat program yang dilakukan lewat PB Djarum itu.

“Perlu ditegaskan rekrutmen ini dalam bentuk audisi tidak kami larang,” kata Sitti seperti dikutip kompas.com, Minggu (8/9/2019) siang. 

PB Djarum memutuskan audisi umum tahun ini menjadi yang terakhir kalinya diselenggarakan. Tak akan ada audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum pada 2020. Keputusan ini diambil PB Djarum karena tudingan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) bahwa PB Djarum memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan merek Djarum yang identik dengan produk rokok.

Menurut Sitti, KPAI tak melarang proses audisi yang diselenggarakan Djarum Foundation melalui PB Djarum.

Ia menjelaskan, yang diprotes oleh KPAI adalah proses yang dianggap mengeksploitasi anak secara terselubung. 

“Yang dilarang adalah bentuk eksploitasi terselubungnya,” ujar dia. 

KPAI meminta proses eksploitasi anak secara terselubung yang ada di dalam program beasiswa olahraga ini dihentikan. 

Sebelumnya, Direktur Djarum Foundation Yoppy Rosimin menyatakan, Audisi Umum PB Djarum sudah tidak akan lagi diadakan pada tahun 2020. 

Alasan penghentian program yang digelar sejak tahun 2016 itu karena disorot KPAI,  Djarum Foundation memanfaatkan anak-anak untuk mempromosikan Djarum.

“Tahun ini merupakan tahun perpisahan dari kami. Tahun depan event audisi ditiadakan,” kata Yoppy saat melakukan konferensi pers di Purwokerto, Sabtu (7/9/2019). 

Hal ini sudah diputuskan, namun belum diketahui apakah akan berlaku untuk seterusnya atau hanya sementara. Pihak Djarum menyatakan telah mengajukan jalan tengah untuk masalah ini kepada KPAI, yakni dengan meniadakan nama Djarum pada jersey dan nama event bulu tangkis. Namun, usulan itu tidak diterima oleh KPAI. 

Program penghentian audisi beasiswa bibit atlet bulutangkis itu segera menjadi sorotan warganet. Berbagai komentara dilontarkan. Tak sedikit yang menyayangkan penghentian program itu.

 #KPAI pun sempat menjadi trending topik sejak


BERITA TERKAIT