Minum Jus Seledri untuk Mengatasi Sel Kanker. Ini Faktanya! | Berita Terbaru Hari ini

Close

Minum Jus Seledri untuk Mengatasi Sel Kanker. Ini Faktanya!

  • 2019-09-12
  • Editor :junaedi
  • dibaca :477
Minum Jus Seledri untuk Mengatasi Sel Kanker. Ini Faktanya! Jus Seledri

Klikapa.com -Minum jus seledri, belakangan ini semakin populer saja. Sayuran yang sering dipakai sebagai penambah aroma itu dianggap dapat menjadi alternatif untuk mengatasi sel kanker. Berikut faktanya.

Dilansir Medical News Today, sebuah studi yang dilakukan pada 2016, kandungan luteolin dalam daun seledri dipercaya mampu menghentikan pertumbuhan beberapa jenis sel kanker pada tikus.

Luteolin juga dipercaya bisa mencegah sel-sel kanker menyerang dari satu area ke area tubuh lain. Menurut para peneliti, hal itu mungkin saja dilakukan dengan mencegah pembuluh darah tumbuh di sekitar tumor. 

Lebih lanjut, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa luteolin dapat meningkatkan potensi obat kemoterapi yang bekerja pada sel kanker, sekaligus mengurangi efek racun dari obat tersebut pada tubuh.

Dokter Arina Heidyana dari KlikDokter juga menyebutkan bahwa kandungan flavonoid dalam daun seledri bisa menjadi komponen yang membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski tidak 100 persen mencegah atau membunuh sel kanker. Untuk level kanker yang masih rendah, daun seledri bisa bantu mencegah pertumbuhan sel kanker.

“Memang ada penelitian yang mengatakan bahwa jus seledri bisa membunuh sel kanker. Tapi itu tidak serta-merta langsung membunuh semua sel kanker. Hanya saja, daun seledri bisa membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Jadi bukan komponen utama ya, tapi komponen tambahan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker,” kata Arina.

Menurut Arina, mengubah pola hidup menjadi lebih sehat merupakan cara utama untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

“Makan sayur dan buah, olahraga secara rutin, mengurangi asupan alkohol dan berhenti merokok merupakan komponen utama yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker,” kata dia.

Senada dengan itu, dr. Alvin Nursalim, Sp.PD dari KlikDokter, sejumlah agen fisik, kimia, atau biologis dapat menyebabkan aktivasi gen penyebab kanker. Jadi jika sejak awal Anda sudah memilih pola hidup yang tidak sehat, gen penyebab kanker itu akan lebih mudah aktif ketimbang mereka yang


BERITA TERKAIT