Polisi Resmi Luncurkan Smart SIM. Ini Keunggulannya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Polisi Resmi Luncurkan Smart SIM. Ini Keunggulannya

  • 2019-09-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :389
Polisi Resmi Luncurkan Smart SIM. Ini Keunggulannya Peluncuran Registrasi SIM Online dan SMART SIM di Gedung Basket GBK, Jakarta, Minggu (22/9).(dok.cnnindonesia)

Klikapa.com -Per hari Minggu (22/9) ini, Kepolisian RI resmi meluncurkan Smart SIM. Masyarakat sementara ini yang ada di kota-kota besar di Indonesia, diklaim Kepolisisan sudah dapat mendapatkannya.

"Smart SIM mulai hari ini sudah bisa dioperasionalkan di semua ibu kota provinsi Indonesia," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Refdi Andri di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (22/9).

Refdi menjelaskan kepolisian setingkat Polres sebagai pihak penyelenggara pembuatan SIM pada tingkat kota atau kabupaten bisa memanfaatkan material lama, sembari menunggu distribusi Smart SIM.

"Material SIM lama juga masih ada. Secara bertahap ya, kami akan mengirimkan ke semua Polres. Artinya kota dan kabupaten akan punya material SIM baru itu," katanya.

Menurut Refdi, pihaknya bakal terus melakukan sosialisasi, juga evaluasi. Ia menyebut akan meminta masukan dari masyarakat dalam beberapa bulan ke depan sebagai bahan evaluasi SIM baru ini.

"Setelah launching kami akan lihat perkembangan tentang apa yang kami implementasikan. Sesungguhnya Smart SIM akan kami akan lihat dan evaluasi ke depan. Dari hari ke hari akan kami lihat masukan masyarakat," katanya.

Refdi mengungkapkan, Smart SIM tetap menjadi legitimasi seseorang yang dianggap sah mengendarai kendaraan. Namun SIM baru ini punya perbedaan dari model sebelumnya.

Ia menjabarkan tiga keunggulan Smart SIM. Pertama, mencatat perilaku seseorang selama ia mengemudi. Chip yang tertanam dalam Smart SIM difungsikan untuk merekam seluruh pelanggaran pemilik Smart SIM di jalan raya.

"Itu tercatat pada chip yang ada pada kartu SIM. Nah, itu juga tercatat pada server kami," kata Refdi.

Kedua, Smart SIM bisa menampung data forensik si pemilik SIM. Ketiga, Smart SIM berfungsi sebagai uang elektronik dengan saldo maksimal Rp2 juta.

Untuk fungsi yang terakhir di atas, kepolisian telah menggandeng tiga bank, yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI. Namun uang elektronik ini belum bisa digunakan, sebab masih menunggu sistem finalisasi dari


BERITA TERKAIT