Umat Budha Tantrayana Gelar Pemberkatan Homa

Umat Budha Tantrayana Gelar Pemberkatan Homa Selesai ritual upacara Ulambana Kurukulla Bhagawati pengurus dan seluruh umat Budha yang hadir, melakukan foto bersama.

MALANG – Acarya, V. A Lian Zu memimpin 350 umat Budha aliran Tantrayana dalam kegiatan pelaksanaan upacara pemberkatan Homa dan Ulambana Kurukulla Bhagawati Pelimpahan Jasa dibulan bakti pada leluhur ritual (Cheng Beng) di Vihara Vajra Bumi Kertanegara Jalan Lembah Dieng, Malang. Minggu, (10/4).

Ritual Puja Api Homa diikuti puluhan umat Budha Tantrayana dari berbagai kota, mayoritas dari Malang. Anak-anak sampai orang dewasa mengenakan pakaian berwarna merah. Mereka melaksanakan upacara dengan tenang.

 

Dalam ceramahnya, Acaraiya V. A Lian Zu menyampaikan, umat tentang sepak terjang maha guru Kurukula Bhagawati, yang memiliki

karakter taat dan patuh menjalankan ibadah kepada Tuhan.

“Saya memberikan materi kepada seluruh umat yang hadir, agar mereka semangat menjalani hidup dan beribadah,” katanya kepada Malang Post usai memimpin upacara ritual Pemberkatan  Homa tersebut.

 

Menurutnya, tahun ini merupakan shio monyet api diprediksi akan banyak kejadian atau bencana yang tidak terduga. Karena itu harus memperbanyak ibadah dan berdoa agar diberi kesejahteraan oleh Tuhan.

“Saya berharap penyeberangan doa kepada arwah maha guru dapat diterima, dan kami akan diberkati keberkahan,” jelasnya.

Pandita Dharma Duta, Hendrik menerangkan, kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa kepada arwah, kemudian dilanjutkan penyeberangan doa, diikuti dengan penjabahan mantra dan sutra.

“Antusias umat yang melaksanakan ibadah sangat tenang. Saya harap semua yang kami lakukan disini dapat membawa keberkahan,” tuturnya.

Dia menuturnkan, umat yang melakukan penjabahan mantra dan sutera yang pahalanya dilimpahkan kepada leluhur yang telah meninggal. Kemudian, acara pembakaran Api Homa dimana beberapa makanan dan minuman akan dibakar untuk persembahan leluhur.

 

“Ritual api homa untuk membantu para arwah leluhur dalam penyeberangan doa juga memberikan pemberkatan,” paparnya.

Kemudian, acara diakhiri dengan pembagian sembako kepada para jamaah, guna para arwah-arwah merasa sangat senang karena akan mendapatkan pancaran dari arwah Budha.

Ketua Vihara Vajra Bumi Kertanegara Lembah Dieng, Soenarko mengatakan, upacara ritual ini, berjalan lancar dan sukses, serta seluruh umat Budha Tantrayana  dari berbagai vihara yang ada di Malang turut hadir beribadah bersama.

“Semoga kami semua diberi keberkatan para leluhur dan kesejahteraan,” pungkasnya

 

Vihara Vajra Bumi Kertanegara

Lembah Dieng - M A L A N G

+62-341-361402 ; 326191

+62-8125201068

Email : Vihara.malang@yahoo.com

KOMENTAR ANDA