Tol Mapan Seksi Empat Singosari - Pakis Resmi Diopersikan, Sementara Gratis | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tol Mapan Seksi Empat Singosari - Pakis Resmi Diopersikan, Sementara Gratis

  • 2019-10-31 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :807
Tol Mapan Seksi Empat Singosari - Pakis Resmi Diopersikan, Sementara Gratis Gerbang tol mapan seksi 4 atau Singosari - Pakis, Kabupaten Malang siap opersi per hari ini Jumat (1/11).

Klikapa.com -Jalan Tol Pandaan - Malang Seksi 4 mulai difungsikan Jumat (1/11) hari ini. Operasional jalan bebas hambatan akses Singosari-Pakis itu akan digratiskan hingga Rabu (6/11) pukul 00.00 WIB, pekan depan.  

Direktur Teknik PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM), Siswantono mengatakan, berdasarkan Keputusan  Menteri (Kepmen) PUPR No 1026/KPTS/M /2019. Rencananya, operasional dibuka mulai pukul 06.00 WIB. 

Siswantono mengingatkan, bebas biaya hanya berlaku di  Seksi 4 (Singosari-Pakis). 

“Sehingga saat masuk dari gerbang Pakis dan keluar di gerbang Singosari, tidak dikenakan biaya. Begitu sebaliknya. Tapi kalau masuk gerbang Pakis dan keluar gerbang  Tol Lawang, maka yang dikenakan biaya dari Singosari – Lawang, begitu selanjutnya,” jelasnya. 

Sedangkan Seksi 1 (Pandaan-Purwodadi), Seksi 2 (Purwodadi-Lawang) dan Seksi 3 (Lawang-Singosari) tak gratis.      

Setelah gratis hingga pekan depan, tarif Seksi 4 Tol Mapan tak berbeda dengan tarif Seksi 1, Seksi 2 maupun seksi 3. Siswantono merinci, tarif sesuai Keputusan Menteri PUPR.  Yakni untuk kendaraan golongan satu dari Pakis – Singosari Rp 4.500,   Pakis –Lawang  Rp 10.500,  dan Pakis – Purwodadi Rp 18.000.  

”Untuk kendaraan golongan satu, tarif dari Pakis –Pandaan Rp 33.500,” tambahnya. 

Lebih lanjut dia mengatakan, operasional Seksi 4 tol Mapan ini setelah jalan sepanjang 4,75 Km itu telah dilakukan uji laik fungsi. Siswantono menyebutkan, akhir Agustus lalu, setelah pembangunan tol selesai PT JPM yang mengelola Tol Mapan mengusulkan untuk dilakukan uji laik fungsi. Hingga akhirnya, tim yang terdiri dari 30 instansi datang untuk melakukan uji laik fungsi.

Tahap pertama, tim menemukan ada beberapa sarana penunjang di Seksi 4 belum sempurna. Di antaranya penerangan jalan umum (PJU) dan rambu. Lalu dilakukan penyempurnaan. 

”Ada rambu yang kurang saat itu, juga PJU. Tapi kami sempurnakan. Sehingga saat tim uji laik fungsi kembali datang, semua fasilitas sudah terpasang, dan sempurna,’’ urainya. 

Siswantono menguraikan,


BERITA TERKAIT