Pembangunan RS BRI di Betek Diprotes Warga | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pembangunan RS BRI di Betek Diprotes Warga

Pembangunan RS BRI di Betek Diprotes Warga Warga RT 06 RW 05 Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen, protes pembangunan RS BRI di Jalan Mayjen Panjaitan Kota Malang. (firman)

Klikapa.com -Pembangunan Rumah Sakit di Jalan Mayjen Panjaitan atau Betek, Kota Malang dipersoalkan warga. Mereka protes karena pengelolanya tidak pernah meminta izin warga sekitar.

Menurut warga sekitar, mendadak saja sejumlah lahan di arealnya akan dibangun  Rumah Sakit BRI. Pengelolanya menggandeng Yayasan Kesejahteraan Pekerja (YKP) Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Dana Pensiun BRI. 

Warga memprotes pun melampiaskan bentuk protesnya dengan memasang banner di sekitar areal eks RS Ganesha Medika, lokasi rumah sakit tersebut, Senin (27/1/2020).

Beberapa tulisan protes pada banner bertuliskan “BRI wes Miskin, Kok Ngotot Mbangun di Kampung”. Ada lagi banner bertuliskan “Warga Menolak Izin Sulapan Pembangunan RS BRI” ada pula yang bertuliskan “Mari Kerajaan, Sak Iki Rumah Sakit BRI”

Tulisan banner itu membentang sekitar tiga meter. Banner juga dipasang tepat di depan area konstruksi eks RS Ganesha Medika tersebut.  Dalam tulisan di baner itu juga dibubuhi atas nama warga RT 06 RW 05 Kelurahan Penanggungan Kecamatan Klojen. 

Menurut koordinator warga, Agus Rachmadi menyebutkan jika RS itu dibangun, sebanyak kurang lebih 10 KK warga akan terdampak. Pembangunan RS Bhakti Bunda ini, dinilai tidak “kulo nuwun” dengan warga sekitarnya. Warga merasa tidak pernah dimintai persetujuan dan pemberitahuan apapun berkaitan dengan pembangunannya.

“Kami tidak merasa pernah dimintai izin atau dimintai persetujuan. Tiba-tiba semalam (Minggu malam, 26 Januari) sudah masuk alat berat di sana. Rumah saya pas sekali dempet dengan area ini jadi bergetar,” papar Agus. 

Diakui Agus, di areal itu sebelumnya merupakan rumah sakit bernama RS Ganesha Medika. Yang memang sebelumnya sudah dikeluhkan warga. Karena diduga membuang limbah rumah sakit ke kawasan sungai di sekitar pemukiman warga Betek. 

“Dulu juga gitu tiba-tiba saja sudah jadi rumah sakit. Ini dulu sebelum jadi rumah sakit sempat jadi hotel juga namanya Hotel Griya Asri,” tegas Agus. 


BERITA TERKAIT