Jepang Telah Pulangkan 206 Warganya dari Wuhan China | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jepang Telah Pulangkan 206 Warganya dari Wuhan China

  • 2020-01-29
  • Editor :junaedi
  • dibaca :480
Jepang Telah Pulangkan 206 Warganya dari Wuhan China Pemerintah Jepang telah berhasil mengevakuasi 206 oang warganya dari Wuhan, China.(dok.antara)

Klikapa.com -Pemerintah Jepang sudah berhasil emngevakusi 206 warganya dari daerah indemis virus Corona, Wuhan China. Rombongan pertama warga jepang itu tiba di Tokyo, Jepang, Rabu (29/1/2020). 

Evakuasi bakal berlanjut esok sehingga seluruh warga Jepang di Kota Wuhan, Provonsi Hubei, Tiongkok dapat kembali ke negaranya.

Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada Selasa (28/1), mengatakan, warga negara Jepang yang berharap bisa pulang ke berjumlah 650 orang dan pemerintah sedang menyiapkan penerbangan tambahan.

Sedangkan Perdana Menteri Shinzo Abe menekankan bahwa pemerintah akan mempertimbangkan semua langkah yang memungkinkan guna membawa pulang seluruh warga negara itu, yang ingin kembali ke Jepang

Mengutip lansairan The Japan Times dan CNA, pesawat jet sewaan mengevakuasi kloter pertama warga negara Jepang dari Wuhan. Sebanyak 206 orang mendarat di Bandara Haneda, Tokyo, dengan para petugas kesehatan yang melakukan pemeriksaan baik di atas pesawat meupun di bandara.

"Kami sangat lega," kata Takayuki Kato, salah satu penumpang yang tiba di Bandara Haneda kepada wartawan.

Tenaga medis melakukan pemeriksaan kondisi penumpang selama evakuasi. Lima orang yang berusia 30 hingga 50-an, ditemukan menderita demam atau batuk. Mereka, tiga pria dan seorang wanita, dibawa ke Rumah Sakit Ebara. 

Sementara seorang wanita dibawa ke Pusat Kanker Metropolitan dan Penyakit Menular Rumah Sakit Komagome di Bunkyo Ward.

Pemerintah Kota Tokyo sudah mempersiapkan total 50 tempat tidur di empat rumah sakit umum untuk menerima mereka yang memiliki gejala. 

"Baik itu dokter atau ruang rumah sakit, kami siap untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk mengambil lebih banyak pasien yang menunjukkan gejala virus korona," kata Fukumi Nakamura, kepala dokter bangsal penyakit menular di RS Ebara di Ota Ward.

Sementara itu, penumpang lain yang tidak menunjukkan gejala-gejala demam atau batuk diangkut dengan bus ke Pusat Kesehatan Nasional dan Kedokteran Global untuk menjalani tes apakah terjangkit virus atau tidak. 

sumber antara


BERITA TERKAIT