Seksi Akhir Jalan Tol Pandaan - Malang Rampung. Akhir Maret Ini Mulai Difungsikan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Seksi Akhir Jalan Tol Pandaan - Malang Rampung. Akhir Maret Ini Mulai Difungsikan

  • 08-03-2020 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1314
Seksi Akhir Jalan Tol Pandaan - Malang Rampung. Akhir Maret Ini Mulai Difungsikan Gerbang tol Malang (Madyopuro) yang segara di fungsikan. Tol ini merupakan bagian terakhir dari keseluruhan tol Pandaan - Malang.(firman)

Klikapa.com -Jalan tol Pandaan - Malang seksi lima atau terakhir, telah rampung dikerjakan. Direktur Teknik PT Jasamarga Pandaan-Malang (JPM) Siswantono memperkirakan akhir Maret ini sudah bisa fungsikan setelah sempat molor. 


Sesuai rencana, harusnya beres akhir tahun 2019 lalu.  Namun tertunda karena lamanya proses pembebasan lahan.


Pengerjaan fisik sudah tuntas beberapa waktu lalu. Bahkan uji laik jalan telah dilakukan sejak 3 Maret 2020. Uji laik itu dilakukan untuk mengetahui kelayakan jalan dan untuk penyempurnaan menyangkut kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan. 


"Penyempurnaan sekitar dua minggu, dan administrasi mungkin satu minggu selesai. Jadi prakiraan tiga mingguan selesai," papar Siswantono. 


Meski begitu, dia tak menjamin seluruh proses bisa dilaksanakan dalam tiga minggu. Karena masih ada kemungkinan bisa lebih cepat atau molor beberapa hari. Namun dia memastikan jika seksi V Tol Pandaan-Malang target beres akhir Maret ini. 


Saat ini proses pembenaham dan penyempurnaan di area exit seksi V Tol Mapan sudah dilakukan. Di antaranya pemasangan  traffic light (TL) dari beberapa sisi. Pelebaran jalan di luar pintu tol juga telah rampung. "Kami pasang TL,  akan dioperasikan saat Seksi V sudah beroperasi," pungkasnya.

Sebelum beroperasi, uji coba akan digratiskan selama seminggu. Rencananya, setelah masa uji coba ini selesai, tarif tol untuk Seksi V sebesar Rp 898 per Kilometer. Dengan panjang sekitar 3,11 KM, seksi V Tol Mapan akan bertarif sekitar Rp 3.000.

 


BERITA TERKAIT