Gelaran MotoGP kembali Berpotensi DiJadwal Ulang setelah Texas Nyatakan Darurat Corona | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Gelaran MotoGP kembali Berpotensi DiJadwal Ulang setelah Texas Nyatakan Darurat Corona

  • 09-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2433
Gelaran MotoGP kembali Berpotensi DiJadwal Ulang setelah Texas Nyatakan Darurat Corona SEri pembuka MotoGP 2020 di Sirkuit Austin, Texas, Amerika Serikat kemungkinan juga ditunda.(ist)

Klikapa.com -Gelaran MotoGP 2020 terancam akan kembali mengalami perubahan jadwal. Menyusul MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, yang dijadikan pembuka, ditetapkan pemerintah setempat dalam darurat virus corona. 

Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports, selaku pengelola MotoGP, sebula memutuskan untuk mengubah jadwal MotoGP 2020. Keputusan itu diambil setelah MotoGP Qatar dibatalkan dan MotoGP Thailand diundur.

Penyelenggara MotoGP pun menetapkan Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Texas, yang dijadwalkan 3-5 April mendatang menjadi seri pembuka. MotoGP di tempat ini semula merupakan seri ketiga. 

Tapi, belakangan MotoGP Amerika Serikat juga terancam batal. Pemerintah Daerah Austin sudah menyatakan status darurat di kota tersebut sebagai usaha pencegahan wabah virus corona. 

Kegiatan yang melibatkan 2.500 orang atau lebih dilarang kecuali sang penyelenggara bisa meyakinkan Depatemen Kesehatan Austin bahwa rencana mitigasi penyakit menular sudah ada.

Kegiatan besar di Austin yang sudah menjadi korban karena virus corona adalah festival South by Southwest (SXSW) yang semula dijadwalkan berlangsung 13-22 Maret 2020.

SXSW mampu mendatangkan lebih dari 70.000 penonton tahun lalu. Sementara MotoGP Amerika Serikat di Austin berhasil mendatangkan 120 ribu penonton dalam tiga hari.

Kondisi tidak menentu MotoGP Amerika Serikat membuat MotoGP 2020 berpeluang diundur hingga 17-19 April 2020 di MotoGP Argentina. Hingga kini balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo belum terganggu masalah virus corona.

Tanda-tanda MotoGP 2020 kembali diundur juga muncul dari Italia. Pemerintah Italia memutuskan untuk mengisolasi wilayah Lombardy dan 11 provinsi untuk mencegah penyebaran wabah virus corona. Isolasi tersebut berlaku mulai 8 Maret dan bisa berlangsung hingga 3 April.

Salah satu provinsi yang terkena isolasi adalah Pesaro Urbino, yang merupakan tempat kampung halaman pebalap Yamaha Valentino Rossi, Tavullia. Bukan hanya Rossi yang tinggal di kota tersebut, Franco Morbidelli dan Francisco 'Pecco' Bagnaia juga tinggal di Tavullia.

Jika isolasi berlaku hingga


BERITA TERKAIT