Berdalih Salurkan TKI, Warga Bantur Tipu Belasan Orang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Berdalih Salurkan TKI, Warga Bantur Tipu Belasan Orang

  • 20-03-2020 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1170
Berdalih Salurkan TKI, Warga Bantur Tipu Belasan Orang Tersangka Johan Wijonarko dan barang bukti yang diamankan polisi.(agung)

Klikapa.com – Seorang warga bernama Johan Wijonarko, warga Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ditangkap Unit Reskrim Polsek Bantur, Rabu (18/3) lalu. Diduga ia telah melakukan serangkaian penipuan.


Informasinya, tersangka berdalih mencarikan kerja di salah satu pabrik di Taiwan, pria berusia 48 tahun ini memperdayai belasan orang korbannya.


Polisi menerima informasi, setidaknya 14 orang yang menjadi korbannya, tersangka Johan meraup keuntungan sekitar Rp 136,5 juta. Karena untuk bisa berangkat ke Taiwan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI), setiap korban diminta biaya.

 
“Setiap orang dimintai uang tidak sama. Rata-rata mereka dimintai uang sebesar Rp 6 juta sampai Rp 7 juta,” ujar Kapolsek Bantur, AKP Nuryono, Jumat (20/3/2020).


Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan barang buktinya, petugas mengamankan selembar kwitansi pembayaran dari korban berinisial YT, selembar bukti transfer uang sebesar Rp 35 juta, 16 lembar bukti transfer melalui M-Banking, sebuah buku catatan serta sebuah HP.


Menurut mantan Kapolsek Gedangan ini, tersangka diringkus atas laporan Jamiati, 50, warga Dusun Krajan, Desa Jatiguwi, Kecamatan Sumberpucung. Korban melaporkannya ke Polsek Bantur pada 25 Februari 2020 lalu. Korban mengaku telah tertipu oleh tersangka.


Ceritanya, pada 22 Januari 2018 lalu korban dihubungi tersangka. Dikatakannya bahwa ada job pekerjaan bagi TKI di sebuah pabrik di Taiwan. Karena sebelumnya sudah kenal, korban akhirnya mau ketika diajak ketemuan.


Keduanya pun akhirnya mengajak ketemuan di Medical Cek Up di Malang, tempat para calon TKI cek kesehatan sebelum keluar negeri. Setelah bertemu tersangka menjanjikan akan memberangkatkan ke Taiwan, melalui PT. Dinasti Insan Mandiri Jakarta. Proses pemberangkatan sekitar tiga bulan.


Dari ketemuan itu, Jamiati diminta untuk merekrut calon TKI. Akhirnya didapatkan 14 orang calon TKI. Kemudian mereka ditemukan pada tersangka untuk mendapat penjelasan dan pengarahan.


Setelah ada kesepakatan antara tersangka dengan para calon


BERITA TERKAIT