10 Ribu Alat Rapid Test Datang, Gubernur Jatim segera Didistribusikan ke Daerah | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

10 Ribu Alat Rapid Test Datang, Gubernur Jatim segera Didistribusikan ke Daerah

  • 25-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :294
10 Ribu Alat Rapid Test Datang, Gubernur Jatim segera Didistribusikan ke Daerah ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Sebanyak 10 ribu alat rapid test atau tes cepat massal virus corona dari pemerintah pusat tiba di Jawa Timur, Rabu (25/3/2020) malam ini. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa menyebut alat ini segera didistribusikan ke daerah-daerah.

"[Alat] rapid test yang sampai, kira-kira 10 ribu, kta akan mendistribusikan sesegera mungkin," katanya kepada media di Surabaya. 

Khofifah mengatakan saat ini, pihaknya sedang menyiapkan skema pendistribusian alat rapid test tersebut. Rencananya, alat itu akan segera disalurkan ke daerah secara proporsional.

"Kita akan mendistribusikan, karena itu proses yang bisa menyiapkan bagaimana proporsionalitas distribusi rapid test ke daerah," katanya.

Senada, Ketua Gugus Kuratif Penanganan Virus Corona di Jatim, Joni Wahyuhadi, mengatakan alat rapid test itu akan mulai didistribusikan pada Kamis (26/3).

"Insyaallah malam ini datang, besok bisa didistribusikan rapid test untuk screening," katanya.

Nantinya, alat rapid test ini tidak dibagi merata ke semua daerah. Pendistribusian akan disesuaikan kebutuhan tiap wilayah dan rumah sakit.

"Nanti dibagi ke dinas kesehatan kota/kabupaten dan rumah sakit. Kita evaluasi rumah sakit yang rawat pasien, atau PDP-nya banyak," ucap Joni.

Ia kemudian berkata, "Rumah sakit yang tenaga kesehatannya yang berkontak langsung dalam merawat, kita berikan yang lebih banyak. Kemudian juga rumah sakit yang mengembangkan ruang isolasi, ada ruang ODR (orang dalam risiko) kita berikan lebih."


BERITA TERKAIT