Pertemuan Kepala Negara G20 secara Virtual Sepakati Selamatkan Umat Manusia di Tengah Wabah Covid-19 | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pertemuan Kepala Negara G20 secara Virtual Sepakati Selamatkan Umat Manusia di Tengah Wabah Covid-19

  • 2020-03-27
  • Editor :junaedi
  • dibaca :249
Pertemuan Kepala Negara G20 secara Virtual Sepakati Selamatkan Umat Manusia di Tengah Wabah Covid-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menkeu Sri Mulyani dalam pertemuan virtual Negara-ngara G20 di Istana Bogor.(Biro Pers Sekretariat Presiden)

Klikapa.com- Pertemuan virtual pemimpin negara-negara yang tergabung dalam forum G-20 termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) ikut dalam pertemuan dari Istana Bogor, Kamis (26/3/2020) malam.

Menurut Menkeu Sri Mulyani Indrawati, pertemuan G-20 yang menggunakan video conference. Salah satu materi dalam pembicaraan itu semua kepala negara G-20 fokus membahas bagaimana mengatasi masalah wabah corona atau covid-19.

"Pertemuan ini bersama memerangi pandemik covid-19. Kemudian kedua adalah mencegah terjadinya dampak negatif terhadap global dan ketiga bagaimana mengatasi masalah global supply chain terutama medical tools yang sangat dibutuhkan," kata Sri Mulyani kepada media dalam channel resminya, Kamis (26/3/2020) malam.

Menurut Sri Mulyani, salahs atu poin yang menjadi kesepakatan adalah bagaimana memperkuat kerja sama untuk membantu negara paling miskin. Semua negara bersepakat, untuk fokus menyelamatkan seluruh umat.

"Fokus dari para leaders adalah menyelamatkan manusia, nyawa manusia. Karena ini bukan masalah kesehatan tapi tragedi kemanusiaan," paparnya.

Sementara, fokus penting lainnya adalah bagaimana bersama-sama menemukan vaksin. Akan ada kolaborasi, sambung Sri Mulyani dari WHO dan termasuk sejumlah negara.

"Pertemuan negara ini mengalokasikan US$ 4 miliar yang akan dimobilisasi seluruh negara dalam rangka akselerasi riset dan menemukan anti-virus," tegasnya.
 


BERITA TERKAIT