Blitar Diguncang Gempa 5 Magnitudo. Getarannya sampai Malang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Blitar Diguncang Gempa 5 Magnitudo. Getarannya sampai Malang

  • 07-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :591
Blitar Diguncang Gempa 5 Magnitudo. Getarannya sampai Malang ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Gempa bumi bermagnitudo 5 guncang Blitar Jawa Timur.  Guncangan itu dirasakan hingga wilayah Nganjuk  dan Malang. 

Menurut catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa di Kabupaten Blitar, Jawa Timur dengan intensitas magnitudo 5,2. yang selanjutknya dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,0, Selasa, (7/4/2020) pada pukul 15.02 WIB.

"Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 9.43 LS dan 112.27 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 144 km arah Tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur pada kedalaman 42 km," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono di Jakarta, Selasa,(7/4/2020)

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang merupakan jenis gempa bumi dangkal. Ini diakibatkan subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (Thrust Fault)," katanya. 

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Blitar, Malang, Karangkates II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Nganjuk, Trenggalek II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). 

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. 

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 


BERITA TERKAIT