UM Bantu APD Tangani Corona dan Paket Khusus untuk Mahasiswa dan Warga | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

UM Bantu APD Tangani Corona dan Paket Khusus untuk Mahasiswa dan Warga

  • 07-04-2020 penulis : Imam Wahyudi
  • Editor :junaedi
  • dibaca :705
UM Bantu APD Tangani Corona dan Paket Khusus untuk Mahasiswa dan Warga Bantuan APD Universita Malang yang diserahkan kepada Wali Kota Malang.

Klikapa.com -Universitas Negeri Malang (UM) sumbangkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD). Donasi peralatan untuk mencegah peneybaran Covid-19 itu diserahkan kepada Wali Kota Malang di Balai Kota, Selasa (7/4/2020).


Menurut Rektor UM, Rofi'uddin,  APD itu beruapa hazmat  sebanyak 245 buah, face shield 245 buah, sarung tangan steril ukuran ukuran 7 sebanyak 100 buah, sarung tangan steril ukuran 7,5 sebanyak 100 buah, sarung tangan non steril ukuran L 6 boks dan masker bedah 40 boks.  


Disebutkan, donasi itu digalang dari dosen, karyawan dan mahasiswa. 


"UM hadir dari masyarakat. Maka ketika terjadi kondisi seperti ini, kami merespon cepat. Dan Alhamdulillah, warga UM merespon positif mereka dengan suka rela mengumpulkan dana masing-masing," katanya di sela penyerahan APD itu.


Selain disalurkan ke pihak eksternal kampus, bantuan khususnya dana yang digalang, juga diberikan kepada mahasiswa UM. Sebanyak 600 paket dengan nilai Rp 65 ribu per paketnya dibagikan kepada mahasiswa. 


"Kami semua tentu berharap Covid-19 segera berlalu. Dan bantuan yang kami berikan sedikit bisa meringankan beban mereka. Terutama mereka yang berada di garda terdepan yang menangani pasien," ungkapnya. 


Selain itu, UM juga menyalurkan bantuan yang langsung kepada masyarakat sekitar kampus. Warga Kelurahan Sumbersari yang terdampak di RW 02, 03 dan 05 berupa paket sembako, yaitu beras 5 kilogram, minyak goreng 1 liter, mie instan, telur dan masker. 


"Total seluruhnya yang disalurkan langsung ke warga sebanyak 189 paket," kata Koordinator Satgas Kewaspadaan Covid-19 UM, Markus Diantoro. 


Ia mengatakan, penggalangan dana di UM dimulai 28 Maret lalu sampai 6 April kemarin. Total dana yang diperoleh sebesar Rp 128,8 juta. Selain berupa uang donasi dari warga UM juga berbentuk APD, sembako, bahan makanan dan makanan siap saji. 


"Selanjutnya kami akan terus bergerak untuk membantu warga di sekitar kampus.


BERITA TERKAIT