Jakarta Resmi PSBB, Bogor segera Mengikuti | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Jakarta Resmi PSBB, Bogor segera Mengikuti

  • 07-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :408
Jakarta Resmi PSBB, Bogor segera Mengikuti Sejumlah ruas jalan utama ibu kota lebih lengang dibandingkan hari biasa karena sebagian perusahaan telah terapkan bekerja dari rumah guna cegah penyebaran virus corona.(dok.antara)

Klikapa.com -Jakarta resmi menjadi daerah pertama di negeri ini yang menerapkan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaan virus corona. Setelah itu, Kota Bogor juga bersiap mengikuti.

PSBB Jakarta, resmi diterapkan merujuk kepada Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/239/2020. Surat itu sebagai respons atas usulan dari gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan supaya ibu kota menjadi lokasi PSBB.

"Menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar di Wilayah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka percepatan penanganan corona virus disease 2019 (COVID-19)," surat Menkes  itu, Selasa (7/4/2020).

Pertimbangan Kemenkes, menyebut bahwa di Jakarta, peningkatan kasus, juga penyebaran corona, terus terjadi. Selain itu, Jakarta, juga diakui sebagai daerah di mana pemerintah daerahnya, memiliki kesiapan jika PSBB diterapkan.

"Telah terjadi peningkatan dan penyebaran kasus Covid-19 yang signifikan dan cepat, serta diiringi dengan kejadian transmisi lokal di wilayah provinsi DKI Jakarta," dikutip dari surat itu.

Kemenkes lalu meminta Pemprov DKI melaksanakan PSBB sesuai ketentuan undang-undang. Surat, ditandatangani Menkes Terawan Agus Putranto Selasa ini.

Sementara itu, langkah DKI itu juga akan diikuti wilayah tetangganya Kota Bogor. Pemkot setempat juga segera mengajukan PSBB wilayahnya kepada Kemenkes.

"Apabila PSBB mendapat persetujuan dari DPRD maka dalam waktu dekat kita akan segera melayangkan surat ke menteri kesehatan dalam waktu yang tidak terlalu lama," kata kata Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim, seperti dikutip vivanews, Selasa (7/4/2020).

Sebelum melayangkan surat ke Menteri Kesehatan Pemkot Bogor akan bertemu dengan DPRD untuk berkonsultasi dan memaparkan konsekuensi yang harus dipenuhi jika menerapkan PSBB secara konsisten. 

Sebelumnya, Dedie saat pertemuan Bupati Bogor Ade Yasin, menyatakan mendorong DKI Jakarta mengambil langkah terkait penanganan wilayah termasuk lockdown. Begitu juga mengenai PSBB  Kota Bogor sendiri menunggu diberlakukan DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta sudah menerapkan PSBB usai disetujui Menkes Terawan dalam rangka percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Penerapan PSBB


BERITA TERKAIT