Mengharukan, Umat Katolik Ikuti Misa Kamis Putih, Jelang Perayaan Paskah di Rumah | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Mengharukan, Umat Katolik Ikuti Misa Kamis Putih, Jelang Perayaan Paskah di Rumah

  • 09-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :816
Mengharukan, Umat Katolik Ikuti Misa Kamis Putih, Jelang Perayaan Paskah di Rumah Salah satu umat Katolik saat mengikuti misa di rumah dari tanyangan televisi.(ist)

Klikapa.com-Perayaaan Kamis Putih yang merupakan rangkaian Tri Hari Suci menjelang Paskah bagi umat Katolik kali ini sangat berbeda. Di tengah pandemi virus corona, perayaan itu hanya dilakukan di rumah mengikuti misa live streaming dan talayangan televisi lokal.

Hal itu juga yang terjadi di wilayah Malang Raya. Salah salah satu televisi lokal BatuTV menyiarkan secara live dari perayaan Misa Kamis Putih yang dipimpin oleh Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan, O.cram dari Katedal Ijen, Jumat (9/4/2020).

Mengikuti misa yang dimulai pukul 19.00WIb itu, menurut sejumlah umat, tidak seperti jika dilakukan di Gereja. Misa menjadi cukup singkat dan hanya diambiil poinnya saja.

''Mungkin Bapa Uskup mempertimbangkan ajuran physical distancing, sehingga prosesi pembasuhan kaki juga tidak ada. Tapi bagi keluarga kami, ini sungguh mengharukan. Karena perayaan yang agung justru harus kami lakukan dengan kesendirian,'' tutur Marfen salah seorang umat yang mengikuti misa ini di rumah.

Meski begitu, bagi umat Katolik, seperti yang dibicarakan dalam grup-grup WhatsApp di sejumlah lingkungan, mereka merasakan misa itu sangat mengharupakan.

''Entah kenapa saya sampai menangis. Haru, karena baru kali ini kami mengenang hari terakhir Jesus sebelum disalib dengan kesepian. Tapi kami sadar , bahwa gereja kan tidak dalam artian fisik. Iman kami adalah gereja. Itu yang membanggakan kami,'' susul Fransisca yang mengaku umat Katolik di Paroki Hati Kudus Yesus, Kayutangan.

Uskup Henricus sendiri dalam misa itu tidak menyinggung ikhwal misa yang diikuti jamaat dari rumah. Ia hanya menekankan seperti ajaran Yesus, agar  kepada semua pemimpin termasuk para imam, menjadi pemimpin yang merendahkan diri untuk melayani umat.

Disamping ajakan kepada umat untuk berdoa khususnya dalam di tengah pandemi virus corona ini. 
 


BERITA TERKAIT