Susun Program Sambut Kompetisi, Arema Tiru Pelatih Guanzhou Evergrande | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Susun Program Sambut Kompetisi, Arema Tiru Pelatih Guanzhou Evergrande

Susun Program Sambut Kompetisi, Arema Tiru Pelatih  Guanzhou Evergrande Pemain Arema sebelum kompetisi terhenti karena pandemi Corona.

Klikapa.com – Arema FC mulai menyusun rencana untuk menyambut lanjutan kompetisi Liga 1 2020. Terutama untuk memulai latihan, yang bakal menerapkan protokol kesehatan di masa new normal. Salah satuya dengan menggelar latihan secara bertahap alias tidak langsung diikuti keseluruhan pemain.

“Kami sudah berdiskusi dengan tim pelatih. Lalu muncul ide, kenapa tidak meniru metode latihan yang diterapkan Fabio Cannavaro di China,” kata General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Rabu (3/6/2020).

Cannavaro sendiri merupakan pelatih dari Guanzhou Evergrande di China. Di sana, klub mengawali latihan dengan protokol kesehatan yang ketat pula.

Menurutnya, selama masa pandemi Covid-19, tim pelatih Arema FC juga mengamati perkembangan tim-tim lain di luar negeri. Termasuk bagaimana suatu tim memulai latihan dan menerapkan physical distancing.

Salah satu contohnya dengan menggelar latihan dalam beberapa sesi. Sehingga, pemain dibagi dalam dua sampai tiga kelompok.

“Itu latihannya bisa per sepuluh pemain, atau mungkin setengah-setengah. Selain bisa sesuai anjuran pemerintah untuk menjaga jarak, ruang gerak pemain juga bisa lebih leluasa,” terangnya.

Ia mengatakan, dengan metode latihan tersebut, dipastikan tak melanggar batas-batas pencegahan persebaran Covid-19. Ia juga mencontohkan, misalnya beberapa pemain akan latihan lebih dulu, disusul pemain berikut 1-2 jam kemudian.

“Ini juga sebagai bentuk adaptasi tim di masa new normal ini. Yang jelas kami sudah mempersiapkan nanti bagaimana tim ketika kembali persiapan menuju kompetisi,” jelas pria berusia 48 tahun tersebut.

Sementara, selain protokol kesehatan, ia juga memperhatikan tempat tinggal pemain. Sekalipun, sejauh ini dia melihat mess pemain pun aman untuk menerapkan physical distancing.

“Insya Allah, Mes Arema aman. Karena mereka yang tinggal juga tidak banyak dan tidak seperti barak. Rata-rata hanya diisi dua pemain, dan dihuni olehpemain dari luar kota dan masih bujang. Pemain lain banyak di rumah sendiri, juga beberapa ada yang mengontrak rumah,” tandas dia. (ley) 


BERITA TERKAIT