Harga Gula Pasir Tak Kunjug Turun, Pemkot Malang segera Operasi Pasar | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Harga Gula Pasir Tak Kunjug Turun, Pemkot Malang segera Operasi Pasar

Harga Gula Pasir Tak Kunjug Turun, Pemkot Malang segera Operasi Pasar ilustrasi gula pasir.(ist)

Harga Belum Normal, Bakal Gelar Operasi Pasar

Klikapa.com -Harga gula pasir belum juga kembali normal Kota Malang. Kondisi ini membuat Pemkot Malang tergerak untuk menggelar operasi pasar dalam waktu dekat.

Kasi Pengendalian dan Pengawasan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Luh Putu Eka Wilantari menyatakan hal itu dalam kegiatan  "Talkshow Kesiapan Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Masa Pandemi Covid-19" , Rabu (10/6) di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang. 

"Jadi sebelum atau awal Covid-19 harga gula memang sempat naik sampai dari Kemendag (Kementrian Perdagangan) sidak ke salah satu pabrik gula di Malang. Tapi memang kita perhatikan perlahan mulai turun," papar Luh Eka.

Ia menjelaskan harga gula untuk harga eceran tertinggi berada di angka Rp 12,5 ribu. Akan tetapi di lapangan rata-rata ditemukan di angka Rp 13,5 ribu, Rp 15 ribu per kilogram bahkan Rp 20 ribu. Maka dari itu tambah Luh Eka dalam waktu dekat Pemkot Malang akan menggelar operasi pasar.

"Ya kita mau operasi pasar tapi ini masih menunggu dari pabrik gulanya dulu dijadwal," tegas perempuan berambut panjang sebahu ini. 

Sementara itu tidak hanya komoditi gula, beberapa komoditi pasar yang diperhatikan juga adalah daging ayam. Pasalnya Diskopindag Kota Malang menemukan adanya kecenderungan kelangkaan daging ayam. Dikarenakan panen ayam dilakukan peternak ayam lebih cepat karena takut sakit. Sementara harga pakan pun masih tinggi. 

"Bawang merah juga, akibat cuaca banyak ndak bagus. Ini juga mempengaruhi harga di pasaran," pungkas Luh Eka. (ica/jon)


BERITA TERKAIT