4Pasien Covid-19 Sidoarjo Dirawat di RSSA Malang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

4Pasien Covid-19 Sidoarjo Dirawat di RSSA Malang

4Pasien Covid-19 Sidoarjo Dirawat di RSSA Malang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau fasilitas RSSA Malang sebagai rumah sakit rujukan RS Covid-19.

Klikapa.com -Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang mulai menerima pasien Covid-19 Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, Gresik). Empat pasien dari Sidoarjo langsung dirawat di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu. 

RSSA pun telah mengubah Graha Puspa Husada yang selama ini dikenal paviliun sebagai instalasi khusus penanganan pasien Corona. 

Informasi penanganan pasien Covid-19 asal Sidoarjo itu disampaikan Direktur RSSA, dr. Kohar Hari Santoso disela-sela menerima kunjungan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kamis (18/6/2020). 

Kohar mengatakan, karena RSSA merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Jatim, sehingga pasien di Jatim bisa saja dirawat di RS ini.  

Graha Puspa Husada sendiri kini disulap menjadi instalasi khusus penanganan pasien Covid-19. Kohar menjelaskan minggu depan Graha Puspa Husada akan diluncurkan secara resmi. Hingga kini hanya tinggal membersihkan ruangan dan penambahan perangkat penunjang lainnya seperti CCTV.


“Jadi gedung ini awalnya adalah Instalasi Pelayanan Utama. Tapi karena ada Covid-19 dijadikan khusus gedung perawatan dan penanganan pasien Covid-19,” kata Kohar.

 
Ia menjelaskan fasilitas yang disediakan pun sudah cukup lengkap. Salah satunya telah tersedia 92 bed atau kapasitas tempat tidur untuk pasien. 

Fasilitas lain yang juga disediakan untuk menganani pasien Covid-19 di antaranya layanan IGD (Intalasi Gawat Darurat), ICU (Intensive Care Unit), Layanan Rawat Jalan, Kamar Operasi, Tempat Cuci Darah, Tempat Melahirkan, Ruang Khusus terkoneksi dengan layanan kateterisasi (penyakit jantung). 

Kemudian disediakan pula laboratorium khusus. Fungsinya untuk menguji hasil laboratorium dari layanan tes Covid-19. Seperti tes Rapid Test, Polymerase Chain Reaction (PCR), hingga Tes Cepat Molekuler (TCM). Juga disedakan kamar jenazah khusus pasien Covid-19.  

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa cek kesiapan dan  memastikan gedung yang berada di sisi utara RSSA ini siap menangani pasien Covid-19 tidak hanya di Malang Raya tetapi juga dari daerah lain. 

Hal ini diakuinya karena RSSA memang


BERITA TERKAIT