Dinkes Kota Batu segera Rapid Test Massal Utamanya Ibu Hamil | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Dinkes Kota Batu segera Rapid Test Massal Utamanya Ibu Hamil

Dinkes Kota Batu segera Rapid Test Massal Utamanya Ibu Hamil ilustrasi petugas sedang mengambil sampel darah saat melakuka rapid test.(firman)

Klikapa.com -Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, dr. Kartika Trisulandari mengatakan segera melakukan rapid test massal di wilayahnya. Test cepat itu akan diutamakan bagi ibu hamil, pasien dalam pemantauan (PDP), masyarakat yang beresiko, hingga tracing.

Karena itu, lanjut Kartika, pihaknya kini sedang melakukan pengadaan alat rapid test dalam jumlah besar. Setidaknya 6.200 unit alat rapid test telah didatangkan.

"Untuk pengadaan tahap kedua ada 6.200 alat rapid test dan baru datang kemarin. Sedangkan untuk pengadaan tahap pertama lalu sebanyak 8.000 rapid test," katanya, Senin (6/7/2020).

Ia menerangkan, total penggunaan alat rapid test hingga saat ini mencapai 8.500 unit. Termasuk bantuan dari Provinsi Jatim sebanyak 120. 

Ditambahkan oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Batu, Hayati untuk rapid test nanti diutamakan khusus untuk ibu hamil. Pasalnya Dinkes tidak mau kecolongan kembali setelah meninggalnya satu ibu hamil akibat terpapar Covid-19 beberapa waktu lalu.

Dinkes mencatat untuk data kehamilan Kota Batu tahun 2020 mulai Januarai : 302 jiwa, Februari : 283 jiwa, Maret : 260 jiwa, April : 283 jiwa, dan Mei : 260 jiwa. Untuk pengadaan anggaran alat rapid test besarannya tiap 250 box seharga Rp 10.350.000. (eri/jon)
 


BERITA TERKAIT