Per 29 Juli Gedung Bioskop Boleh Buka Lagi, Ini Syaratnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Per 29 Juli Gedung Bioskop Boleh Buka Lagi, Ini Syaratnya

  • 09-07-2020 penulis : muhaimin
  • dibaca :1479
Per 29 Juli Gedung Bioskop Boleh Buka Lagi, Ini Syaratnya ilustrasi.(dok.liputan6)

Klikapa.com -Kabar gembira bagi para pecinta film layar lebar. Pasalnya, pada 29 Juli mendatang, seluruh gedung bioskop di Indonesia akan serentak dibuka kembali tak terkecuali di Kota Malang. Saat ini semua exhibitor tengah mempersiapkan prosedur dan protokol baru agar keamanan serta keselamatan para pengunjung terjaga.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, bioskop akan kembali beroperasi pada 29 Juli 2020 mendatang. Asalkan tetap menerapkan peraturan yang sudah tentukan. Karena kembalinya bioskop ke kehidupan normal yang baru, masyarakat tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. 

"Bioskop nanti boleh buka, saat ini sudah dibentuk verifikatornya. Verifikator pariwisata itu siapa, dan hiburan siapa," tutur Sutiaji.

Dijelaskannya, beberapa aturan wajib diperhatikan masyarakat yang ingin menonton film di gedung bioskop. Di antaranya, penggunaan masker, pengukuran suhu tubuh, wajib mencuci tangan, dan menjaga jarak aman. Pasalnya, bioskop merupakan salah satu tempat yang mengundang kerumunan. 

“Intinya kalau sudah sesuai protokol Covid-19 ya boleh (bioskop untuk beroperasional kembali)," imbuhnya.

Ketentuan lain yang harus diperhatikan pengelola bioskop jika akan beroperasi kembali, seperti jam buka hingga sistem tempat duduk di dalam bioskop. Jam operasi tetap dibatasi dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. 

Selanjutnya, berkaitan dengan kebersihan dan sterilisasi gedung bioskop harus dipastikan oleh pengelolanya.

Termasuk penataan tempat duduk yang harus berjarak atau Physical Distancing. Hingga kapasitas yang juga tak diperbolehkan penuh atau 50 persen dari kapasitas total.

"Tempat duduk, tidak boleh penuh seperti sebelumnya. Harus ditata dengan kapasitas maksimal 50 persen dari sebelumnya,”  terangnya.

Sementara penjualan tiket, pengelola menyarankan pengunjung membeli tiket secara daring dan semua transaksi dilakukan non-tunai atau cashless.

Seperti diketahui, selama kurang lebih 4 bulan bioskop memang tidak beroperasi. Namun, Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBS) memberlakukan operasional lagi mulai 29 Juli 2020.

Reopening bioskop ini berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat


BERITA TERKAIT