Pemkot Malang Akan Pasang Wifi Gratis di Taman Kota hingga Kantor Kelurahan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemkot Malang Akan Pasang Wifi Gratis di Taman Kota hingga Kantor Kelurahan

Pemkot Malang Akan Pasang Wifi Gratis di Taman Kota hingga Kantor Kelurahan Wali Kota Malang Sutiaji.(ipunk)

Klikapa.com -Pemkot Malang bakal memperluas akses dan jaringan internet gratis bagi warga Kota Malang. Fasilitas wifi gratis itu akan dipasang di seluruh taman-taman kota, kantor kecamatan hingga kantor kelurahan di seluruh Kota Malang.


Jika anggarannya mencukupi, pemasangan wifi akan lebih mendekatkan diri lagi kepada masyarakat, yakni dipasang pos RT dan RW. Sehingga akan memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses internet, baik untuk pembelajaran ataupun usaha rumahan atau UMKM.


“Rencana tahun ini sebenarnya, taman-taman kota semua diberi wifi gratis. Yang sudah dipasang kapasitas internet bisa ditambah. Tapi karena pandemic Covid-19, masih tertunda pemasangannya,” kata Wali Kota Malang Sutiaji, Kamis (13/8/2020).


Dijelaskannya, program ini sebagai respons permintaan warga akan adanya akses jaringan internet yang maksimal di ruang terbuka dan fasilitas umum. 


Mengingat masa pandemi Covid-19 membuat warga harus merogoh kantong lebih dalam untuk membeli kuota internet untuk pembelajaran jarak jauh (PJJ) putra-putrinya.


Tidak hanya itu, Sutiaji juga menyebut untuk memperkuat rencana itu, tahun depan diwacanakan pembentukan Perda Duct Tape (kabel bawah tanah) atau fiber optic. 


“Perda ini nantinya mengatur pelaksanaan kegiatan dan pengaturan jaringan kabel bawah tanah. Kita akan gandeng pihak swasta untuk bisa memasang. Tapi aturannya harus ada dulu,” jelas Sutiaji.


Pihaknya sudah mengkaji anggaran yang dibutuhkan untuk dapat memasang jaringan kabel (fiber optic) bawah tanah. Anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 31 miliar. Jaringan kabel bawah tanah ini akan dibuat prioritas kawasannya. 


Misalkan di tempat yang banyak berkumpul warga, seperti taman-taman kota. Kabel fiber optic akan ditempatkan di sana, agar bisa menunjang kebutuhan akses internet yang maksimal dan baik.

 
“Tentu tidak semua kawasan bisa dibawah tanah nantinya. Kita juga akan kaji tempat-tempat yang nanti ditata. Biasanya banyak kabel-kabel bergelantungan akan diutamakan. Agar punya manfaat estetika juga,” tandas Sutiaji. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT