RSSA Dipenuhi Pasien Covid-19 dari Luar Kota | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

RSSA Dipenuhi Pasien Covid-19 dari Luar Kota

RSSA Dipenuhi Pasien Covid-19 dari Luar Kota RSSA Malang.(ist)

Klikapa.com -Ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang nyaris dipenuhi pasien berasal dari luar Malang Raya. Skema antisipasi penanganan pasien terpapar virus Corona kini disiapkan.   


Informasi yang diperoleh, bed atau tempat tidur pasien virus Korona di rumah sakit milik Pemprov Jatim itu tinggal satu. Artinya bed yang disediakan untuk merawat pasien di Paviliun Graha Puspa (gedung khusus perawatan pasien Covid-19) hampir penuh. 


“Iya benar. Data per tanggal 12 Agustus tinggal satu kamar tidur yang kosong. Semua terisi,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas RSSA Malang, Donny Iryan, Kamis (13/8/2020). 


Namun, kondisi bad yang penuh itu disebutkan tidak berlangsung lama. 
Menurutnya kondisi itu disebabkan berbagai hal. Di antaranya bertambah pasien Covid-19 yang dirujuk ke RSSA. 


Apalagi RSSA merupakan rumah sakit rujukan pasien Corona dari berbagai wilayah di sekitar Malang Raya. 


Donny menjelaskan hingga kemarin, persentase pasien Covid-19 yang berasal dari luar Malang mendominasi.  


“Pasien yang asalnya dari luar Malang Raya yang ditangani di RSSA, sekitar 55 sampai 60 persen. Sisanya dari Malang Raya,” jelasnya. 


Donny kemudian menegaskan bahwa keadaan ini belum sampai disebut over capacity. Ia menjelaskan bahwa stagnasilah yang terjadi. Artinya, saat bed hampir penuh, terjadi stagnasi (berhenti tak ada penambahan) dalam proses penanganan. 


“Tapi itu sementara. Stagnasi memang sempat terjadi (tiga hari belakangan) namun tidak berlangsung lama. Tapi kita ada ruang TT  jika memang ada over capacity nantinya,” tegas Donny. 


Dijelaskannya bed penuh sempat terjadi Rabu (12/8) lalu. Ruang perawatan khusus pasien positif Covid-19 penuh. Namun situasi tersebut tidak berlangsung lama karena per 13 Agustus kemarin, sudah tersedia kembali kamar yang kosong.

 
Saat ini RSSA menyediakan 80 tempat tidur di gedung khusus instalasi Covid-19. Dari jumlah tersebut, 73 merupakan kamar isolasi sedangkan


BERITA TERKAIT