Tempat Wisata Mulai Dibuka, Tingkat Hunia Hotel Naik | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tempat Wisata Mulai Dibuka, Tingkat Hunia Hotel Naik

Tempat Wisata Mulai Dibuka, Tingkat Hunia Hotel Naik Salah satu destinasi di Kota Malang Kampung Warna Warni yang berbenah untuk dibuka kembali.

Klikapa.com –Dibukanya sejumlah tempat atau destinasi wisata di Malang mulai berdampak kepada bisnis hotel. Ini terlihat dari tingkat okupansi atau hunian hotel mulai naik.


Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, wisata di Kota Malang menunjukkan tren positif. Meski tak bergeliat seperti sebelumnya. 


Salah satunya dapat dilihat dari okupansi perhotelan sudah menyentuh angka 50 persen lebih.


"Meski masih banyak juga yang sama sekali atau sedikit terisi," kata Ida Ayu, Jumat (18/9/2020).


Dikatakan, tingkat okupansi hotel saat ini memang bukan pada saja pada tingkat hunian kamar, melainkan aktivitas kelembagaan ataupun kegiatan lain yang memanfaatkan ruangan rapat ataupun ballroom hotel.


Pemerintah kembali mendorong aktivitas masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kebanyakan tamu hotel di Kota Malang berasal dari berbagai wilayah di Jawa Timur.


"Tapi Sulawesi juga sudah melakukan kegiatan di Kota Malang, tergantung daerah masing-masing," tegasnya. 


Sementara itu, untuk destinasi wisata, perempuan berambut pendek itu menyampaikan, belum banyak destinasi wisata di kota pendidikan ini yang dibuka. Para pelaku usaha, terutama pokdarwis memiliki banyak pertimbangan.

Salah satunya berkaitan dengan kesiapan masing-masing kampung wisata untuk penerapan protokol kesehatan. Para pelaku wisata memiliki banyak pertimbangan untuk keamanan warga. 

Ia menegaskan, kini Pemkot Malang fokus mempersiapkan seluruh destinasi dengan protokol kesehatan yang ada. Misalnya, usaha wisata yang hendak buka harus terlebih dahulu menyiapkan sarpras pencegahan Covid-19 seperti penyediaan hand sanitizer atau tempat cuci tangan, masker dan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh pengunjung. (ica/aim)
 


BERITA TERKAIT