Sengketa Tanah Desa Meruncing, Tanaman Jeruk Dirusak | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sengketa Tanah Desa Meruncing, Tanaman Jeruk Dirusak

Sengketa Tanah Desa Meruncing, Tanaman Jeruk Dirusak ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Sengketa lahan tanah kas desa (TKD) di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang memanas. Terbaru puluhan tanaman jeruk di TKD, dirusak orang tak bertanggungjawab, Kamis (21/1/2021). Petani jeruk selaku penyewa lahan mengaku sangat menyesalkan kejadian itu.

Terkait pengerusakan itu, para petani jeruk melalui kuasa hukumnya, berencana akan melaporkan ke polisi. Alasannya karena selain dirugikan, ada intimidasi dan pola berpikir anarkis.

Apalagi, terkait sengketa lahan antara petani jeruk dengan Pemerintah Desa Selorejo, masih dalam proses persidangan di Pengadilan Negeri Kepanjen.

“Kami akan melaporkannya ke Polres Malang. Kami tidak tahu siapa pelakunya,” ucap Wiwid Tuhu Prasetyanto, kuasa hukum petani jeruk.

Sebelumnya para petani sudah pernah membuat laporan polisi. Yakni terkait kejadian pengerusakan pagar kebun dan tanaman. Siapa terduganya, saat itu sudah ketahuan. 

“Tetapi sudah beberapa kali pemeriksaan, sampai sekarang belum jelas sampai mana penanganan perkaranya,” tegasnya.

Wiwid berharap penehak hukum dapat bekerja optimal. Mengungkap siapa yang harus bertanggungjawab. Termasuk menyelesaikan pemeriksaan perkara pengerusakan yang sudah dilaporkan oleh para petani jeruk. 


Terpisah, Kepala Desa Selorejo Bambang Soponyono, mengaku sudah mendapat informasi tentang adanya pengerusakan puluhan pohon jeruk. Menurutnya ada skeitar 45 pohon yang dirusak oleh orang tak dikenal. Bahkan dia juga berencana akan melaporkan pengerusakan itu ke polisi.

“Saya sudah mendapat informasi tentang itu (pengerusakan pohon jeruk). Nantinya kami akan laporkan ke Polres Malang. Tetapi siapa pelakunya belum tahu,” ungkapnya.(agp)
 


BERITA TERKAIT