Namanya Dicatut untuk Penipuan, Ketua DPRD Kota Malang Lapor Polisi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Namanya Dicatut untuk Penipuan, Ketua DPRD Kota Malang Lapor Polisi

Namanya Dicatut untuk Penipuan, Ketua DPRD Kota Malang Lapor Polisi Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) DPC PDIP Kota Malang, Harvard Kurniawan saat membuat laporan ke polisi.

Klikapa.com -Merasa namanya dicatut untuk kejahatan penipuan lewat media sosial Facebook, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, melapor ke Polres Malang Kota, Selasa (2021).

“Hari ini kami ke Satreskrim Polresta Malang Kota karena akun yang mengatasnakakan saya memposting konten penipuan dan banyak yang konfirmasi ke Pak Made terkait tawaran penipuan,” kata Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi (BBHA) DPC PDIP Kota Malang, Harvard Kurniawan saat membuat pengaduan ke polisi.

Sesuai laporannya, ia mengakui kliennya dicatut orang tak bertanggungjawab. Melalui akun Facebook (FB) dengan menggunakan nama Made Riandiana  yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang ini.

Akun itu menurutnya melakukan penipuan dengan modus memberikan kredit dengan cicilan murah. Sudah ada warga yang menjadi korban penipuan itu

Menurutnya, kliennya mengetahui akun palsu Ketua DPRD Kota Malang itu sejak Minggu (21/2). Semula tidak ada kecurigaan, karena tidak ada niatan negatif dari pelaku melalui postingannya.

Namun setelah itu ia menerima pengaduan jika ada korbannya. Made Riandiana sendiri telah membuat surat terbuka ikhwal modus penipuan yang mencatut namanya.

“Korban atas nama Ratna, mengkonfirmasi kepada kami telah melakukan pembayaran sebesar tiga juta rupiah secara bertahap kepada pelaku. Selain itu juga ada sepuluh orang yang nyaris tertipu,” ujarnya. 

Dengan dilaporkannya ke polisi, Harvard menyerahkan sepenuhnya kasusnya ke polisi. Sedangkan untuk korban yang tertipu, bersama Made Riandiana akan berunding mendapatkan jalan terbaik untuk menyelesaikan permasalahannya. 

Karena korban awalnya berniat meminjam dana untuk kebutuhan kuliah sang anak.

“Kami imbau masyarakat berhatihati. Apabila dihubungi seseorang yang mengaku sebagai ketua DPRD Kota Malang supaya dikonfirmasikan terlebih dahulu,” tuturnya.

Sementara korban salah satunya adalah Ratna Wati Dwi Rahayu, 45, warga Jalan Ngaglik, Kelurahan/Kecamatan Sukun, Kota Malang.

Ia menyebut pelaku menggunakan dua nomor WhatsApp. Satu nomor atas nama Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan satu lagi mengaku


BERITA TERKAIT