Penumpang KA di Stasiun Kota Baru Malang Kini Bisa Tes GeNose | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Penumpang KA di Stasiun Kota Baru Malang Kini Bisa Tes GeNose

Penumpang KA di Stasiun Kota Baru Malang Kini Bisa Tes GeNose Penumpang jarak jauh KA saat melakukan tes GeNose di Stasion Kota Baru Malang.(firman)

Klikapa.com -Stasiun Kotabaru Malang mulai memberlakukan tes GeNose bagi penumpang kereta api mulai Minggu (28/2/2021). Sebelumnya layanan tes GeNose hanya tersedia di Stasiun Pasarturi Surabaya. 

Pemberlakuan tersebut sesuai dengan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021, yakni pelanggan Kereta Api Jarak Jauh diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum jam keberangkatan. 

Bagi pelaku perjalanan di bawah umur 5 (lima) tahun tidak diwajibkan untuk tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen atau GeNose test sebagai syarat perjalanan.

"Mulai hari ini, KAI Daop 8 menambah layanan GeNose untuk pelanggan kereta api. Sebelumnya hanya ada di Surabaya Pasar Turi. Kami tambah ada di Stasiun Kotabaru Malang, dan Surabaya Gubeng," ujar Manajer Humas Daop 8 Luqman Arif kepada, Minggu (28/2).

Pemeriksaan GeNose relatif murah hanya Rp 20 ribu. Sehingga sangat diminati masyarakat. Meski begitu, KAI Daop 8 Surabaya masih menyediakan rapid tes antigen seharga Rp 105 ribu

"Pelanggan yang sudah memiliki tiket kereta dan sudah dibayar lunas, bisa memanfaatkan layanan tersebut. Tinggal pilih saja, ada tes GeNose dan antigen juga. Itu sebagai syarat untuk naik kereta api. Di Malang mulai  jam 07.00 sampai 16.00," jelasnya.

Lukman berpesan, bagi pengunjung yang akan melakukan perjalanan diharapkan datang lebih cepat dari jadwal keberangkatan untuk menghindari penumpukan antrean test GeNose atau tes antigen.


"Meski GeNose layanannya relatif lebih cepat, tetapi kami juga mengimbau masyarakat kalau mau tes jangan mepet jam keberangkatan, antisipasinya kalau antre, risikonya ketinggalan jam keberangkatan. Seyogyanya kalau mau tes, 3 atau 5 jam sebelum keberangkatan. Bahkan mungkin satu hari sebelumnya," tandasnya. 


Sementara itu, salah satu pengunjung, Nafiani Firmani mengaku senang dengan adanya pemeriksaan GeNose ini. Disamping harganya yang lebih murah dibandingkan rapid Antigen, juga pemeriksaan dan


BERITA TERKAIT