Satu Orang Positif Covid-19, 39 Warga Kelurahan Ardirejo dari Balita sampai Lansia Swab Masal | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Satu Orang Positif Covid-19, 39 Warga Kelurahan Ardirejo dari Balita sampai Lansia Swab Masal

  • 29-07-2021 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2556
Satu Orang Positif Covid-19, 39  Warga Kelurahan Ardirejo dari Balita sampai Lansia Swab Masal Satu orang positif Covid-19, 39 warga Kelurahan Ardirejo dari Balita sampai Lansia jalani tes Swab PCR.(ist)

Klikapa.com -Sedikitnya 39 orang warga Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang harus menjalani tes swab PCR, Kamis (29/7/2021) di Pendopo Kelurahan Ardirejo. Itu dilakukan karena mereka diduga memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. 


Swab masal terhadap puluhan warga ini, dari hasil tracing petugas Puskemas Kepanjen dan Kelurahan Ardirejo. Di mana sebelumnya ada warga terkonfirmasi positif dan seorang warga lainnya meninggal dunia saat menjalani isolasi mandiri.


Menariknya, 39 orang warga yang dilakukan swab PCR ini, tidak hanya orang dewasa saja. Ada balita, anak-anak hingga warga berusia lanjut.


Sekretaris Kelurahan Ardirejo Eko Darmawan menerangkan, warga yang sudah menjalani swab, diarahkan untuk isolasi mandiri sembari menunggu hasilnya. Tes swab itu difasilitasi Puskesmas Kepanjen secara gratis. 


"Mereka yang kami swab, sebelumnya telah kontak erat dengan warga yang terpapar. Hasilnya menunggu 5-6 hari. Kalau positif akan dikarantina dan ditindaklanjuti dengan dibawa ke safe house," jelas Eko. 


Farida, salah satu perawat Puskesmas Kepanjen mengatakan, sebelumnya ada warga yang hasil tes antigen dinyatakan positif. Kemudian dilakukan tracing, hingga terdata ada 39 orang yang pernah kontak erat.


"Dari situlah akhirnya 39 warga dilakukan swab. Kendala saat tracing, karena warga enggan membuka diri. Mereka takut kalau dinyatakan terpapar Covid-19," urai Farida.(tyo/agp)
 


BERITA TERKAIT