PPKM Dilanjutkan, Jawa-Bali Bebas Level 4 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

PPKM Dilanjutkan, Jawa-Bali Bebas Level 4

  • 20-09-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1134
PPKM Dilanjutkan, Jawa-Bali Bebas Level 4 Ilustrasi penyekatan jalan kini tak lagi diterapkak seiring tidak ada lagi wilayah di Jawa dan Bali berada di level 4.(ist)

Klikapa.com -Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM ) Jawa-Bali hingga dua pekan. Yang terbaru, Jawa-Bali tidak ada lagi daerah yang menerapkan PPKM level 4.

"Dari berbagai perbaikan, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2," kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menggelar konferensi pers virtual, menyampaikan keputusan terkait kelanjutan PPKM, Senin (20/9/2021). 

Luhut saat memberikan keterangan itu besama bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Hadir dan Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Luhut menyampaikan seperti arahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi,  soal perubahan level PPKM menjadi 2 minggu. Evaluasi tetap dilakukan setiap pekan.

"Dalam arahan yang diberikan Presiden dalam ratas hari ini diputuskan bahwa dengan melihat perkembangan yang ada maka perubahan PPKM level diberlakukan selama 2 minggu untuk Jawa-Bali namun evaluasi tetap dilakukan setiap minggunya untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," terang Luhut.

Sementara itu, untuk wilayah di luar Jawa-Bali, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan masih ada 10 wilayahan kota dan kabupaten yang menerapkan PPKM level 4.

Karenanya PPKM di wilayah itu dilanjutkan per 21 September sampai dengan 4 Oktober 2021.

"Yaitu tanggal 21 September sampai dengan 4 Oktober 2021," kata Airlangga Hartarto yang juga Ketua KPC-PEN, Senin (20/9) petang.

"PPKM level 4 masih diberlakukan di 10 kabupaten/kota, karena terkait dengan aglomerasi, jumlah penduduk, maupun tingkat vaksinasi masih di bawah 50 persen," ujar Airlangga

Sedangkan untuk PPKM Level 3 ada di 105 kabupaten/kota, PPKM Level 2 di 250 kabupaten/kota, dan PPKM Level 2 ada di 21 Kabupaten/kota.

Daerah yang masih melaksanakan PPKM Level 4 itu adalah: Aceh Tamiang, Pidie (Aceh); Bangka (Bangka Belitung); Padang (Sumatera Barat); Banjarbaru, Banjarmasin (Kalimantan Selatan); Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur); Tarkan dan Bulungan (Kalimantan Utara).
 


BERITA TERKAIT