Cegah Penularan Covid-19 dari Ajang PON, Pemda Diminta Monitor Atlet dan Ofisial Yang Datang | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Cegah Penularan Covid-19 dari Ajang PON, Pemda Diminta Monitor Atlet dan Ofisial Yang Datang

  • 11-10-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1665
Cegah Penularan Covid-19 dari Ajang PON, Pemda Diminta Monitor Atlet dan Ofisial  Yang Datang ilustrasi atlet PON XX Papua.(dok.antara)

Klikapa.com -Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) telah meminta setiap pemerintah daerah (Pemda) untuk memonitor atlet atau staf PON XX Papua yang kembali ke daerah asal. Hal itu diungkapkan Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali Airlangga Hartarto terkait dengan terpaparnya 883 orang atlet dan ofisial di ajang olah raga itu.

Menurut Airlangga, atlet PON Papua yang sudah pulang ke daerah asal menjadi tanggung jawab pemda sehingga isolasi mandiri hingga penelusuran kontak (contact tracing) harus dilakukan pemerintah di daerah.

"Bapak Presiden Jokowi meminta agar atlet yang pulang agar bisa dijaga kontak tracingnya dan dimonitor H+5 dan ini sekali lagi ditegaskan menjadi tanggung jawab pemda untuk menyediakan tempat isolasi untuk atlet PON tersebut," kata Airlangga dalam keterangan pers virtual, Senin (11/10).

Menko Perekonomian ini mengatakan pemerintah mendorong perbaikan mekanisme pemulangan atlet ke daerah asal agar tak terjadi penularan. Baik atlet atau official harus menjalani tes PCR sebelum pulang ke daerah asal. Biaya kepulangan serta biaya PCR juga bakal ditanggung pemda atau Satgas Covid-19 setempat. 

"Sebelum kembali dilakukan PCR, apabila positif akan dirawat di Jayapura atau Papua selama 5 hari, oleh karena dinkes mempersiapkan tempat isolasi terpusat," ucapnya.

Selain itu, pemda juga diminta untuk menyiapkan tempat isolasi terpusat untuk kontingen PON Papua yang sudah kembali ke daerah. Setiap orang baik atlet maupun ofisial harus tetap menjalani isolasi terpusat.

"Daerah masing-masing diminta mempersiapkan isoter di wilayah atau daerah masing-masing selama 5 hari dan tentunya akan di PCR di hari pertama dan empat," tuturnya.

Sebelumnya 83 orang di PON Papua diketahui positif Covid-19. Angka tersebut merupakan temuan kasus positif pada atlet, official, pelatih, hingga beberapa pihak media yang meliput PON Papua ke-20.
 


BERITA TERKAIT