Menkes: Pemerintah Sedang Jajaki Pengembangan Obat Virus Corona | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Menkes: Pemerintah Sedang Jajaki Pengembangan Obat Virus Corona

  • 18-10-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1974
Menkes: Pemerintah Sedang Jajaki  Pengembangan Obat Virus Corona ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Pemerintah RI melalui Kementrian Kesehatan ( Kemenkes) kini tengah menjajaki sejumlah obat virus Corona untuk dikembangkan. Sejumlah obat itu sedang dipantau perkembangannya.

"Untuk obat-obatan yang memang promising kami akan menawarkan agar uji klinik tahap III dilakukan di Indonesia," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (18/10/2021).

Beberapa obat yang tengah dijajaki pemerintah itu antara lain Molnupiravir buatan produsen Merck. Kemudian obat kategori monoklonal antibodi seperti Bamlanivimab dan Etesevimab.

Budi juga mengaku tengah mempelajari obat antivirus AT-527 yang dikembangkan oleh Roche dan Atea Pharmaceuticals, serta obat Proxalutamide yang diproduksi oleh Kintor Pharmaceutical dari China.

Budi optimis pandemi Covid-19 di Indonesia semakin bisa dikendalikan jika sudah ada obat yang bisa dikonsumsi oleh pasien.

"Kalau kita sudah melengkapi vaksin dengan obat-obatan, diharapkan transisi dari pandemi menjadi endemi akan bisa lebih cepat kita lakukan," ujarnya.

Sementara itu, Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan juga optimis pandemi Covid-19 semakin bisa dikendalikan jika telah ada obat.

Bahkan dia menyebut pandemi bisa jadi pandemi pada Januari 2022.

"Presiden ingatkan gelombang 3 akibat libur Natal dan Tahun baru. Kami akan melakukan beberapa kali rapat. Terutama mendorong penggunaan PeduliLindungi dan vaksinasi," kata Luhut dalam konferensi pers, Senin (18/10).

"Kalau ini terjadi kita akan bisa bagus. Bila kita bisa melampaui Natal dan Tahun Baru ini dengan baik pada Januari, saya pikir sudah masuk pada endemi," sambungnya.
 


BERITA TERKAIT