Kemenkes Terus Ingatkan Kemungkinan Lonjakan Covid-19 dan Varian AY.4.2 Saat Nataru | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Kemenkes Terus Ingatkan Kemungkinan Lonjakan Covid-19 dan Varian AY.4.2 Saat Nataru

  • 10-11-2021
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1539
Kemenkes Terus Ingatkan Kemungkinan Lonjakan Covid-19 dan Varian AY.4.2 Saat Nataru Kemenkes terus ingatkan warga akan lonjakan kasus Covid-19 pada saat musil liburan.(ist)

Klikapa.com -Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI terus mewaspadai kemungkinan akan terjadi lonjakan Covid-19 saat musim lebaran natal dan Tahun baru (Nataru). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pun terus mengingatkan warga.

Disebutkan kenaikan kasus Covid-19 di Indonesia berkaitan dengan mobilitas warga, salah satunya adalah libur Lebaran. Karenanya Budi meminta warga tetap waspada sehingga dapat mencegah kenaikan kasus terjadi.

Budi menuturkan selain disiplin menerapkan prokes, dia mengimbau juga warga membatasi pergerakan saat liburan nanti.

"Jika libur Nataru ini bisa dilewati, maka kita bisa kendalikan (Covid)," katanya dalam diskusi daring bersama para pemimpin redaksi media massa, Rabu (10/11/2021).

Sebelumnya, Kemenkes  menyebut tak menutup kemungkinan varian AY.4.2 yang dikenal juga sebagai varian Delta plus bermutasi dalam negeri.

Varian AY.4.2 dapat teridentifikasi di Indonesia melalui penularan lokal atau tanpa transmisi dari luar negeri.

"Jadi potensi AY.4.2 selain ancaman terbesar dari luar negeri, tapi kemungkinan di dalam negeri bisa terjadi mutasi dengan gambaran protein yang sama dengan AY.4.2, itu juga memungkinkan," kata Direktur P2PML Kemenkes Siti Nadia Tarmizi Nadia.

Dia mengatakan Kemenkes sudah mengidentifikasi setidaknya 22 turunan dari varian Delta B1617.2 yang mulai merebak pada Juli 2021. Dengan demikian, potensi AY.4.2 berkembang di Indonesia dengan sendirinya bukan hal yang mustahil.
 


BERITA TERKAIT